perbedaan bakteri dan virus

✔ Apa Perbedaan Bakteri dan Virus

SelisihWaktu.com Kali ini kita belajar mengenal tentang perbedaan dari Bakteri dan Virus. Dengan kita belajar memahami dari masing-masing jenis makhluk hidup “mikro” ini, diharapkan kita bisa semakain paham cara menghindari atau tindakan apa yang harus dilakukan.

Apa Itu Bakteri

Bakteri adalah suatu kelompok dari mikroorganisme yang mempunyai sel tunggal, prokariotik yang hidup dalam jumlah banyak di kedua inang hidup dan di semua area planet (di tanah dan air).

Menurut sifatnya, Bakteri ini bisa “baik” (menguntungkan) atau buruk (membahayakan) untuk kesehatan tanaman, manusia, dan binatang lain yang melakukan kontak dengan mereka.

Mereka mempunyai bentuk berbagai rupa, beberapa contohnya menyerupai bola (bulat), menyerupai batang, atau bisa saja spiral. Sedangkan ukurannya sangatlah kecil, mungkin hanya beberapa mikrometer saja.

Apa Itu Virus

Virus adalah aselular ( tidak memiliki struktur sel ) dia memerlukan inang untuk hidup dan bertahan. Virus umumnya bisa menyebabkan penyakit pada inangnya ( yang hidup ), dan menyebabkan reaksi pada imun.

Bakteri itu hidup, sementara ilmuwan tidak yakin apakah virus itu hidup atau tidak hidup; secara umum, virus dianggap tidak hidup.

Pada inang yang sudah terinfeksi sebenarnya bisa disembuhkan dengan antibiotik. Sementara beberapa virus juga dapat divaksinasi untuk menangkalnya atau meminimalisir gangguan yan lebih besar.

Berbeda pada kasus HIV, konon jenis virus ini belum ditemukan vaksin/obat yang bisa menyembuhkan secara total, tapi untuk gejalanya bisa ditangani dengan beberapa obat khusus yang sudah diciptakan. Disini inang harus punya cukup kekebalan lebih agar terus bertahan.

Virus pula akan memaksan sel inang untuk menghasilkan ribuan duplikasi yang identik dari virus asli dengan cepat. Walaupun tidak memilik sel, virus bisa dengan cepat berkembang di sel inang yang terinfeksi jika tidak ditngani dengan baik.

antara bakteri dan virus

Tabel Perbandingan (Bakteri vs Virus)

Bakteri Virus
Ribosom Ada Tidak ada
Dinding sel Petidoglycan / Lipopolysaccharide Tidak ada dinding sel, lapisan protein ada sebagai gantinya
Atribut hidup Organisme hidup Opini berbeda apakah virus adalah suatu bentuk hidup atau struktur organik yang berinteraksi dengan organisme hidup
Pengenalan (Wikipedia) Bakteri merupakan sebuah domain besar dari mikroorganisme prokariotik. Khususnya panjangnya beberapa mikrometer, bakteri memiliki beberapa bentuk, berkisar dari bola sampai cambuk, dan spiral Virus adalah agen infeksi kecil yang bereplika hanya di dalam sel hidup dari organisme lain
Inti sel Tidak ada Tidak ada
Reproduksi Membelah diri-suatu bentuk reproduksi aseksual Membelah diri-suatu bentuk reproduksi aseksual. Menyerang sel inang dan mengambil alih sel menyebabkannya membuat salinan DNA/RNA virus. Menghancurkan sel inang menyebarkan virus baru
Jumlah sel Uniselular, satu sel Tidak memiliki sel, tidak hidup
Struktur DNA dan RNA mengambang bebas pada sitoplasma. Memiliki dinding sel dan membran DNA atau RNA tertutup di dalam lapisan protein.
Penanganan Antibiotik Vaksin mencegah penyebaran dan obat antiviral membantu memperlambat reproduksi tetapi tidak dapat berhenti sepenuhnya.
Enzim Ya Ya, beberapa
Virulensi Ya Ya
Infeksi Lokal Sistemik
Keuntungan Beberapa bakteri menguntungkan (yaitu beberapa bakteri yang diperlukan pada usus) Virus tidak menguntungkan. Namun virus tertentu bisa menghancurkan tumor otak. Virus bisa berguna pada rekayasa genetika
Ukuran Lebih besar (1000nm) Lebih kecil (20-40nm)

 

Perbedaan Virus – Bakteri

  • Virus adalah bentuk sel hidup yang paling kecil dan sederhana yang saat ini diketahui. Virus 10 sampai 100 kali lebih kecil dari bakteri.
  • Perbedaan terbesar antara Virus dan Bakteri adalah virus harus memiliki inang hidup, seperti; tanaman, hewan/makhluk hidup untuk menduplikasi diri, sementara kebanyakan dari bakteri bisa tumbuh pada permukaan tidak hidup.
  • Bakteri adalah organisme interselular ( yaitu mereka hidup di antara sel-sel), sementara virus adalah organisme intraselular ( mereka masuk ke sel inang dan hidup di dalam sel ). Mereka mengubah material genetika sel inang dari fungsi normal menjadi memproduksi virus itu sendiri.
  • Ada beberapa bakteri yang berguna (baik), tetapi semua virus umumnya berbahaya.
  • Antibiotik tidak bisa membunuh virus, tetapi bisa membunuh hampir semua bakteri, dengan pengecualian kebanyakan bakteri gram negatif.
  • Contoh penyakit yang disebabkan bakteri adalah radang tenggorokan dan contoh dari penyakit yang disebabkan virus adalah flu.

Perbedaan Dalam Reproduksi

Bakteri membawa semua kelengkapan (sel organel) yang diperlukan untuk tumbuh dan perkembangbiakan. Bakteri biasanya berkembang biak secara aseksual.

Dalam kasus reproduksi seksual, beberapa material genetika plasmid bisa diturunkan melalui bakteri. Di sisi lain, virus utamanya membawa informasi-sebagai contoh, DNA atau RNA, yang dikemas dalam lapisan membran dan atau protein Virus memanfaatkan sel inang untuk bereproduksi.

Kaki-kaki mereka menempel pada permukaan sel, lalu material genetik yang terkandung di dalam kepala virus dimasukkan ke dalam sel.

Material genetik ini bisa menggunakan sel untuk menghasilkan protein sendiri dan atau bagian kecil virus, atau bisa digabungkan ke dalam DNA/RNA sel dan diterjemahkan kemudian.

Ketika virus “bayi” cukup diproduksi, sel pecah, melepas partikel virus yang baru.

Dalam beberapa hal, virus tidak benar-benar “hidup”, tetapi merupakan informasi dasar (DNA atau RNA) yang mengambang di sekitar sampai mereka menjumpai inang hidup yang cocok.

Hidup Vs Tidak Hidup

Bakteri adalah organisme hidup tetapi beberapa opini berbeda mengenai virus.

Virus adalah struktur organik yang berinteraksi dengan organisme hidup. Virus menunjukkan karakteristik kehidupan seperti memiliki gen, berevolusi dari seleksi alam, bereprokduksi dengan membuat penggandaan salinan diri mereka melalui perakitan diri.

Tetapi virus tidak memiliki struktur sel atau metabolisme sendiri, mereka memerlukan sel inang untuk bereproduksi.

Harus digaris bawahi bahwa spesies bakteru seperti rickettsia dan chlamydia dianggpap organisme hidup kendati pembatasan yang sama tentang ketidakmampuan bereproduksi tanpa sel inang.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bakteri
https://id.wikipedia.org/wiki/Virus
https://en.wikipedia.org/wiki/Virus

Selisih Waktu

Kami memberikan banyak sekali referensi informasi tentang dunia perbedaan dari berbagai kategori seperti; perbedaan waktu, perbedaan hal umum, info teknologi, seputar pendidikan, kuliner dan banyak lagi informasi update lainnya.

This Post Has One Comment

  1. Puput

    Terima kasih atas informasinya kak

Leave a Reply