√ Cara Membedakan Mentega Dan Margarin

Ketika Anda pergi ke supermarket, maka Anda akan melihat pilihan antara mentega dan margarin yang sangat banyak dan bervariasi. Tetapi apakah Anda benar-benar tahu perbedaan antara mentega dan margarin? Meskipun digunakan untuk tujuan yang sama, mentega dan margarin adalah dua produk yang sangat berbeda. Faktor utama yang membedakan adalah bahan dasar pembuatan dan dengan demikian jenis lemak yang dikandungnya.

Apa itu Mentega?

Mentega adalah produk susu yang terbuat dari susu atau krim kocok. Proses pengadukan memisahkan lemak mentega (padatan) dari buttermilk (cairan). Mentega yang paling sering kita beli terbuat dari susu sapi, meskipun ada juga yang terbuat dari susu domba, kambing dan kerbau. Meskipun biasanya berwarna kuning pucat, mentega dapat berubah dari putih hingga kuning pekat serta tergantung pada pola makan hewan.

Apa itu Margarin?

Margarin adalah produk non-susu yang dibuat sebagai pengganti mentega. Pada awalnya margarin terbuat dari lemak hewani pada 1800-an, tetapi sekarang bahan utamanya bisa menggunakan minyak nabati, air, garam, pengemulsi dan susu. Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa tidak semua margarin diciptakan sama. Ada variasi dari merek ke merek, jadi penting bagi Anda untuk membaca labelnya. Tidak seperti mentega, margarin bukanlah sesuatu yang bisa dibuat di rumah.

Seperti mentega, margarin biasa juga harus memiliki kandungan lemak minimum 80% menurut penelitian ahli gizi. Margarin yang ada disupermarket dapat berkisar dari 10 – 90% lemak. Tergantung
pada kandungan lemaknya, kadar minyak nabati dan air akan bervariasi dengan kandungan lemak lebih rendah yang memiliki persentase air lebih tinggi. Karena komponen utama margarin adalah minyak nabati, maka tidak memiliki kolesterol dan lemak jenuh yang ditemukan dalam mentega serta memiliki persentase lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang lebih tinggi.

Mana yang lebih baik? Mentega atau Margarine?

Jika Anda sudah mencicipi masing-masing mentega dan margarin, maka Anda tahu betapa sangat berbeda, bukan? Jenis lemak yang ditemukan dalam mentega dan margarin adalah faktor penentu dalam apa yang membedakannya. Sementara mentega berasal dari lemak hewani, sedangkan margarin dibuat dengan minyak sayur. Perbedaan ini berdampak pada rasa, tekstur, dan nutrisi.

Sejauh ini, untuk menggantikan mentega dengan margarin, yang terbaik adalah menggunakan resepnya, terutama ketika memanggang. Margarin yang memiliki kandungan lemak lebih rendah mengandung lebih banyak air yang dapat menghasilkan barang panggang yang lebih keras.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda memilih mentega ataupun margarin. Yang penting adalah sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda ketika akan menggunakannya.

Itulah pembahasan mengenai Perbedaan Mentega dan Margarin yang harus Anda ketahui guna kebutuhan dapur Anda yang lebih bervariasi dan kreatif. Semoga bermanfaat ya…

perbedaan margarin mentega dan roombutter, perbedaan margarin dan mentega serta contohnya, contoh margarin dan mentega, blue band mentega atau margarin, produk mentega, gambar margarin dan mentega, perbedaan sifat margarin dan mentega, merk mentega murah, margarin vs mentega, mentega atau margarin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *