√ Definisi Teknologi Informasi Dan Pengertiannya

Teknologi Informasi – Sebuah pemikiran manusia untuk mengolah ilmu dari Tuhan yang Maha Esa. Sudah sepatutnya kita bersyukur dan tidak sombong, karena manusia hanya meniru apa yang di ajarkan-Nya dan memodifikasinya. Salah satu bukti yang sudah melekat pada diri kita sejak lahir bahwa kita sebagai manusia sudah diajarkan untuk berkomunikasi satu sama lain serta saling menolong sebagi makhluk sosial. Dalam ilmu teknologi, sebuah informasi yang berupa data-data haruslah diolah secara teratur dan terstruktur. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai informasi atau Teknologi Informasi. Sebelum kita jauh membahas Teknologi Informasi, kita harus tahu mengapa kita berminat untuk mempelajarinya?.

Apakah kita menyukai semua yang berhubungan TI, ingin terlihat keren, salah satu fakultas yang diminati ketika kita kuliah nanti, ingin membuat sebuah program, atau bahkan kalian hanya nyasar :D.?. Semua kemungkinan harus dipertimbangkan. Ketika kita mengatakan tentang Teknologi Informasi, apa yang ada dipikiran kalian?. Agar kalian tidak salah memilih, kita pelajari lebih dalam mengenai hal ini.

Kita akan membahas definisi dari Teknologi Informasi, bagaimana konsep dasarnya, dan apa manfaat kita mempelajarinya?.

Pengertian

Teknologi Informasi (TI) atau Information Technology adalah istilah lain dari pemanfaatan sebuah informasi yang bermanfaat bagi manusia untuk selanjutnya diolah atau dibuat, diubah, disimpan, serta menyebarkan informasi tersebut. Mengapa disebut dengan Teknologi Informasi?. Pada awalnya, dengan banyaknya perkembangan Teknologi di dunia. Seorang penulis yang bernama Leavitt dan Whisler berpendapat bahwa “Teknologi baru belum memiliki satu nama yang dapat mewakili semuanya, dan kita akan menyebutnya Teknologi Informasi”.

Teknologi Informasi lebih kepada studi tentang pengolahan sebuah informasi sehingga dapat bekarja secara maksimal atau efisien. Tidak hanya terbatas tentang komputasi atau alat komunikasi saja, pemanfaatannya juga dapat di rasakan dalam kehidupan sehari-hari berupa alat rumah tangga modern. Dan dalam perbisnisan, mempelajari ilmu ini akan sangat berguna bahkan dapat memicu perkembangan yang pesat karena di susun dengan teratur.

Tidak seperti pemikiran Masyarakat Indonesia, bahwa ketika kita belajar TI haruslah kita bisa memperbaiki TV rusak, Smartphone rusak, kulkas rusak, dan sebagainya. Penerapan ilmu TI yang sebenarnya yaitu seperti manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, basis data, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Meskipun beberapa alat rumah tangga adalah perkembangan dari TI itu sendiri, bukan berarti mereka yang masuk dalam perguruan tinggi dapat memperbaikinya ya :D. Seorang teknisilah yang dapat memperbaikinya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi

  • Dalam strategi bisnis yang dilakukan para perusahaan Smartphone telah memuncaki penyebaran informasi berupa pesan-pesan. Seperti yang kita ketahui bahwa pengiriman pesan pada zaman dulu masih menggunakan jasa Pos dan dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu yang lama. Sekarang memberikan pesan kepada seseorang tidak lagi terlihat spesial karena dilakukan secara otomatis dan membutuhkan waktu yang relatif sangat cepat. Begitulah Teknologi Informasi berperan dalam pengolahan data sehingga lebih efektif dan efisien.

Prospek Studi di Berbagai Universitas Indonesia

Bagi kalian yang berminat untuk melanjutkan studi Teknologi Informasi. Sangatlah penting untuk mempertimbangkan dan mengambil jurusan yang sesuai. Dalam Universitas atau Institut, terkadang terdapat istilah mengenai Teknologi Informasi, teknik informatika, serta teknik komputer. Kalian perlu mempelajari lebih lanjut tentang ketiganya. Meskipun ketiganya sama-sama penerapan untuk mengolah data menjadi suatu produk. Namun, terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Setiap program studi memiliki tujuannya masing-masing. Terkadang sebuah Unversitas tidak akan memberikan fakultas teknik informatika ketika sudah terdapat fakultas teknik komputer. Sebaliknya, terkadang sebuah Institut tidak memberikan fakultas teknik komputer ketika sudah terdapat fakultas teknik informatika atau informasi.

Referensi :
– https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
– https://www.researchgate.net/publication/276108971_Pemanfaatan_Teknologi_Informasi_dalam_Pengembangan_Bisnis_Pos
– https://www.hotcourses.co.id/subject/it/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *