โˆš Mengenal Perbedaan Antara Visi Dan Misi

Ada sebuah pertanyaan yang sebenarnya masih dibingungkan oleh kebanyakan orang. Apakah Anda termasuk didalamnya? Jika iya, Anda tidak sendirian ๐Ÿ˜Š. Pertanyaannya adalah โ€œApa perbedaan visi dan misi?โ€ Kebanyakan orang ketika diberi pertanyaan seperti itu tidak mampu untuk menjawab. Kebanyakan dari mereka member arti yang sama dalam pengertian visi dan misi. Padahal, sebenarnya visi dan misi merupakan 2 hal yang sangat berbeda.Visi dan misi memang harus dituangkan dalam bentuk tulisan guna seluruh pihak mengetahui dan memahami tujuan dari organisasi atau perusahaan yang akan dicapai. Meskipun menyangkut kegiatan tentang masa depan, tetapi visi dan misi tidak bisa disama artikan. Kenapa demikian? Karena banyak dari masyarakat yang masih salah kaprah terhadap hal itu. Selain itu, ruang lingkup visi dan misi juga berbeda jika ditinjau dari segi fungsional dan tujuan. Oleh karena itu, simak beberapa ulasan dibawah ini agar Anda mengerti apa perbedaan antara visi dan misi tersebut, diantaranya adalah :

Ditinjau Dari Segi Pengertian

  • Visi

Visi adalah pandangan jauh ke depan baik dari individu ataupun organisasi yang berkaitan dengan tujuan atau harapan yang akan dicapai dengan memperhatikan beberapa factor seperti :

– Fokus pada masa depan

– Hasil ekspresi kreativitas

– Tidak berprioritas pada hari ini, tetapi focus kepada masa depan

– Memegang prinsip dan nilai yang mempunyai kontribusi kepada masyarakat

  • Misi

Misi merupakan strategi atau tindakan yang dilakukan untuk mewujudkan keberhasilan visi itu sendiri, atau dengan kata lain adalah pandangan jarak pendek yang harus dilakukan. Apapun tujuan individu ataupun organisasi harus berdasarkan misi dalam pelaksanaannya. Selain itu, misi juga merupakan tujuan yang akan dicapai dalam waktu singkat atau dekat.

Ditinjau Dari Segi Manfaat

  • Visi

– Sebagai jembatan terhadap kondisi organisasi atau individu saat ini dan masa depan

– Meningkatkan kualitas kerja yang lebih baik

– Meningkatkan rasa memiliki terhadap organisasi

– Meningkatkan tanggung jawab serta kinerja bagi para karyawan

  • Misi

– Tercapainya tujuan dasar organisasi

– Membuat suasana organisasi yang sehat

– Sebagai pijakan dalam menjalankan rencana bisnis

– Membantu dalam hal menentukan tujuan organisasi

– Meningkatkan inovasi terhadap persaingan bisnis

– Membantu untuk mengambil keputusan berdasarkan visi

Contoh Visi dan Misi :

  • Visi

โ€œMenciptakan generasi muda yang tangguh, mandiri dan terampil serta mempunyai akhlak muliaโ€

  • Misi

Untuk mewujudkan visi diatas, misinya adalah sebagai berikut :

– Melakukan kegiatan kepemudaan di masyarakat (karang taruna)

– Melakukan pelatihan-pelatihan bisnis

– Mengabdi dan menjaga lingkungan

– Meningkatkan prestasi dalam segala bidang, seperti olahraga dan seni

– Mempererat tali silahturahmi dengan mengadakan pertemuan rutin

Apakah sekarang Anda sudah mengerti dengan beberapa ulasan diatas? Semoga mengerti ya ๐Ÿ˜„Setelah menyimak beberapa ulasan diatas, maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa :

Visi : tujuan utama, hanya diungkapkan cukup dengan satu kalimat tetapi jelas, keinginan jangka panjang dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Misi : pendukung visi, bisa dituliskan dengan beberapa kalimat, serangkaian kegiatan untuk mendapatkan tujuan dari organisasi atau perusahaan yang sudah tetapkan sebelumnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai Perbedaan Visi dan Misi yang harus Anda pahami dan perhatikan guna keberhasilan dari tujuan organisasi ataupun perusahaan Anda. Semoga ulasan singkat ini menambah pemahaman kita tentang arti berbedaan antaraย Visi dan Misi ini ya ๐Ÿ˜Š

apa arti dari visi dan misi?, apa yg dimaksud dengan misi?, apa yang dimaksud dengan strategi?, pengertian visi misi dan tujuan secara umum, pengertian visi dan misi menurut para ahli, contoh visi dan misi, contoh visi dan misi organisasi, pengertian visi dan misi sekolah, tujuan visi dan misi, contoh visi dan misi perusahaan, perbedaan visi misi dan tujuan, artikel singkat visi misi, cara membuat visi dan misi, visi misi menurut istilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *