√ Mengenal Perbedaan Waktu Antara Indonesia – Pakistan

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata Pakistan? Mungkin bagi generasi kelahiran 80an dan besar ditahun 2000-an keatas akan lebih mengenal nama bekas pemimpin negara ini yaitu Pervez Musharraf, yang memimpin Pakistan antara tahun 2001-2008.

Pakistan merupakan Negara Islam yang ada dikawasan Asia Selatan, dan nama ibukota-nya adalah  Islamabad. Pakistan sendiri memiliki luas daerah sekitar 803.940 km², perlu Anda ketahui juga bahwa Pakistan merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak nomor 3 didunia setelah India dan Indonesia (Wikipedia).

Bahasa Dan Suku

Bahasa yang digunakan di negara Pakistan beragam seperti ras orangnya, awalnya bahasa resminya adalah Inggris, tetapi pada tahun 2016 Mahkamah Agung Pakistan mengganti dan memutuskan Bahasa Urdu sebagai bahasa resmi Negara itu.

Suku-suku di Pakistan meliputi Punjab, Pashtun, Sindh, dan Baloch. Punjabi menjadi suku terbesar dinegara itu dengan jumlah sekitar 45% dari jumlah penduduk. Sebagian besar masyarakat Pakistan memang mengerti bahasa Urdu, selain juga Punjabi dan Bahasa Inggris. Bahasa Urdu di Pakistan mirip dengan Bahasa Hindi dari India bagian utara, tapi terkadang juga meliputi kata-kata dari bahasa Arab dan Persia serta ditulis dalam huruf Arab yang sudah dimodifikasi.

Posisi Geografis Pakistan

Ditinjau dari segi geografis, Pakistan masih berada di kawasan Benua Asia. Dipakistan terdapat sebuah gurun bernama Gurun Thar. Gurun Thar sendiri merupakan gurun yang membentang di bagian tenggara Pakistan serta berbatasan langsung dengan India. Sebagai dataran pasir, Gurun Thar telah diairi dengan irigasi, terutama di dekat daerah Sungai Indus sehingga cocok untuk sektor pertanian.

Pakistan berada di bagian utara dari suhu tropis yang terkenal dengan suhu ekstrimnya yang terkenal dengan sebutan tropis of cancer. Dengan didominasi oleh pegunungan tinggi inilah yang menyebabkan iklim Pakistan juga disebut dengan iklim benua. Suhu Pakistan bisa mencapai suhu ekstrimnya, itu dapat dirasakan pada saat musim panas di bulan juni yang bisa mencapai 38-47 derajat C, sedangkan pada musim dingin bisa mencapai 4 derajat C

Jarak Indonesia – Pakistan

Jarak antara kedua negara Indonesia dan Pakistan sekitar 5.691 KM.

Berapa perbedaan waktu Indonesia dengan Pakistan ?

Untuk mengetahui perbedaan dan selisih waktu antara Indonesia Pakistan mari simak ulasan singkatnya berikut ini. Pakistan adalah Negara di Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan India yang mempunyai pebedaan waktu 1.5 jam dengan Indonesia (kita lebih dulu/cepat). India di zona waktu GMT+5:30, sedangkan Pakistan di zona waktu GMT+5.

Rinciannya :

  • Pakistan berada di GMT+5
  • Indonesia berada di GMT+7

Angka GMT lebih besar berarti lebih cepat, GMT angka lebih kecil berarti lebih lambat.

  • Indonesai Barat (WIB) GMT+7 ⇒ lebih cepat 2 jam daripada Pakistan
  • Indonesai Tengah (WITA) GMT+8 ⇒ lebih cepat 3 jam daripada Pakistan
  • Indonesai Timur (WIT) GMT+9 ⇒ lebih cepat 4 jam daripada Pakistan

Dari informasi diatas sudah diketahui selisih waktu Indonesia dan Pakistan adalah 2 jam, dan Indonesia lebih cepat daripada waktu di Pakistan.

Waktu di Pakistan sekarang

Demikianlah ulasan singkat saya mengenai informasi  perbedaan waktu Indonesia dan Pakistan yang sudah Anda baca diatas. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan kita tentang waktu yang berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya.

waktu pakistan sekarang, perbedaan waktu indonesia dan karachi, perbedaan waktu dunia, perbedaan waktu indonesia dan india, jam pakistan saat ini, waktu sholat di pakistan, informasi waktu pakistan, muslim terbesar pakistan, selisih waktu indonesia islamabad, jarak pakistan ke indonesia, berapa jam perjalanan dari pakistan ke indonesia, berapa jam dari jakarta ke pakistan, lama penerbangan jakarta pakistan, berapa jam penerbangan jakarta ke pakistan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *