√ Penjelasan Perbedaan Nabi dan Rasul Allah

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa masih banyak yang tidak mengetahui perbedaan Nabi dan Rosul Allah, khususnya bagi yang beragama Islam. Padahal sejak kecil telinga kita tidak asing dengan istilah Nabi dan Rosul. Apakah Anda juga tidak bisa membedakan antara Nabi dan Rosul? Jika dicerna lebih dalam lagi, antara Nabi dan Rosul merupakan istilah yang sangat berbeda sekali. Oleh karena itu, simak beberapa penjelasan dibawah ini agar Anda mengerti apa perbedaan antara Nabi dan Rosul. Berikut beberapa ulasan yang patut Anda simak, diantaranya adalah :

Ditinjau Dari Pengertian

1. Nabi

Nabi berasal dari kata naba. Kenapa disebut Nabi? Karena ia adalah seseorang yang telah diberi wahyu oleh Allah SWT dan tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya.

2. Rosul

Rosul berasal dari kata “Irsal” yang artinya adalah memberikan bimbingan. Sehingga Rosul merupakan nabi yang diberikan wahyu oleh Allah SWT yang selanjutnya diperintahkan untuk menyampaikannya kepada umatnya.

Adapun tugas dari para Rosul adalah :

– Mentauhidkan dan meng-ESA-kan Allah SWT

– Memberikan kabar gembira serta peringatan kepada umatnya

– Menyebarkan dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT

– Membenarkan pemikiran yang salah, seperti pemikiran syirik yang sudah dilakukan oleh kaum-kaum jahiliyah pada jaman dahulu kala

Ditinjau Dari Perbedaan

A. Cara Menerima Wahyu

Semua manusia utusan Allah SWT disebut Nabi, tetapi tidak semua Nabi adalah Rosul. Perbedaan dari cara menerima wahyu : Nabi hanya mendapatkan wahyu melalui mimpi, sedangkan Rosul menerima wahyu selain dari mimpi, juga menerima wahyu melalui malaikat dan melihat serta komunikasi secara langsung dengan malaikat, yaitu malaikat Jibril.

B. Penyebaran Syariat

Nabi merupakan seseorang laki-laki yang khusus dipilih Allah SWT untuk menerima wahyu melewati malaikat Jibril untuk di amalkan kepada diri sendiri, tetapi terkadang juga diperintahkan untuk menyebarkannya.

Sedangkan Rosul merupakan seseorang yang juga khusus dipilih Allah SWT untuk menerima wahyu melalui malaikat Jibril untuk diperintahkan mengajarkan serta menyebarkan ajaran-ajaran agama kepada umatnya.

C. Syariat Baru

Rosul merupakan Nabi yang membawa syariat baru. Sementara itu, Nabi adalah orang yang khusus dipilih untuk mengamalkan syariat yang sudah ada sebelumnya.

1. Kitab Suci

Nabi tidak menerima kitab suci, sedangkan Rosul menerima kitab suci.

2. Kaum

Rosul ditugaskan untuk kaum kafir, sedangkan nabi ditugaskan untuk kaum yang beriman

3. Penyelamatan

Nabi ada yang sudah dibunuh oleh umatnya, sedangkan Rosul diselamatkan oleh Allah SWT dari percobaan pembunuhan oleh kaumnya.

Itulah pembahasan mengenai Perbedaan Nabi dan Rosul yang selama ini banyak orang tidak memahami hal itu. Harapannya sekarang adalah setelah menyimak ulasan diatas, kita mampu untuk memahami serta menyikapi perbedaan antara nabi dan rosul sehingga Anda tidak seperti kebanyakan orang pada umumnya.

perbedaan nabi dan rasul itu bagaimana, jelaskan perbedaan nabi dan rasul, perbedaan nabi dan rasul terletak pada apa, perbedaan nabi dan rasul menurut kristen, tabel perbedaan nabi dan rasul, sifat dan perbedaan nabi dan rasul, dalil perbedaan nabi dan rasul, tugas nabi, tugas para rasul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *