Perbedaan A B G N Dan AC Pada Perngkat WI-Fi

√ Perbedaan A B G N Dan AC Pada Perngkat Wi-Fi

Halo temen-temen semua? kali ini saya akan membahas sesuatu yang sangat menarik karena kalian para pelaku parkir pasti sudah sering melakukannya 🙂 Apa itu? Bukan parkir mobil apalagi pesawat lo? yang dimaksud disini adalah perangkat WI-Fi sebagai alat pengiriman data.

Secara waktu memang penggunaan Wi-Fi ini sudah sangat populer apalagi dengan keefektivannya dibanding dengan perangkat yang menggunakan kabel. Meskipun sudah sangat terkenal dan merakyat, tetap saja kita jarang mengenal jenis-jenis dari perangkat WI-Fi yang kita gunakan sehari-harinya.

Padahal jika kita mengetahui jenis-jenis dari Wi-Fi ini, kita akan sangat beruntung karena dapat dengan mudah mengetahui kapasitas dari pengiriman data yang dimilikinya. Maka dari itu, mari kita pelajari lebih lanjut untuk lebih tahu kecepatan yang dimiliki pada suatu sinyil Wi-Fi yang kita pakai…

Ada beberapa jeniWi-Fi berdasarkan tahun pembuatannya dan kemampuannya dari setiap generasi ke generasi selanjutnya. Sebenarnya jenis dari WI-Fi itu sangat banyak dan beragam tipenya, namun disini saya akan membahas beberapanya seperti pada tipe IEEE 802.11 A, B, G, N dan juga AC.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pada tipe ini bukanlah satu-satunya pada perangkat WI-Fi. Kalau gitu langsung masuk aja ke pengertiannya yaa…

Baca :

Pengertian

Eits.. sebelum masuk ke pembahasan, temen-temen harus tahu dulu nih apa itu IEEE 802.11? IEEE 802.11 ini adalah data rate yang memberikan data berupa tingkatan kemampuan dalam menstransfer media melewati jalur komunikasi.

Tipe WI-Fi IEEE 802.11 A

  • Pada jenis WI-Fi yang satu ini sebenarnya adalah satu dari standar tipe WI-Fi yang populer. Jika kalian mengira bahwa tipe IEEE 802.11 A ini adalah versi pertama dari WI-Fi, kalian perlu mencari referensi lebih di berbagai media. Maaf saja kalau saya memgurutkannya sesuai dengan alfabet :D. Tipe ini sebenarnya sudah masuk pada generasi ke tiga dari penerbitannya. Dengan penggunaan frekuensi mencapai 5 GHz dan memiliki kecepatan frekuensi mencapai 54 MBps, membuat tipe yang satu ini sangat mudah diminati. Namun, data penjualan menyatakan tipe ini masih jauh dengan tipe WI-Fi IEEE 802.11 B.

Tipe WI-Fi IEEE 802.11 B

  • Menjadi generasi pertama pada standar WI-Fi, membuat tipe IEEE 802.11 B ini tidak lantas kalah dengan generasi selanjutnya. Mengapa demikian? seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa data penjualan justru memihak kepada tipe ini. Karena pada dasarnya, pada saat itu dengan kecepatan 11 MBps serta frekuensi yang digunakan 2,4 GHs sudah dirasa sangat cukup bagi pengguna rumahan. Tentu, badget yang seimbang akan sangat membantu.

Tipe WI-Fi IEEE 802.11 g

  • Tipe WI-Fi ini merupakan generasi ke dua dari penerbitannya. Dengan kecepatan data rate sama dengan tipe IEEE 802.11 A yaitu 54 MBps ternyata tidak menjamin penjualan menjadi tinggi. Meskipun memiliki kecepatan tinggi, frekuensi yang digunakan terbilang kecil pada kisaran 2,4 GHs. Tipe ini tidak terlalu populer pada kalangannya karena dirasa tanggung-tanggung dan kurang memuaskan.

Tipe WI-Fi IEEE 802.11 n

  • Jika dilihat dari kepopulerannya, tipe inilah yang sering digunakan di zaman sekarang. Salah satu alasannya yaitu adanya teknologi MIMO atau antena ganda. Mengapa teknologi ini sangat dikagumi? karena akan memungkinkan kecepatan penggunaan yang sangat besar pada angka 100 – 500 MBps. Menjawab masalah pada tipe IEEE 802.11 g, IEEE 802.11 n ini sudah memungkinkan penggunaan pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.

Tipe WI-Fi IEEE 802.11 ac

  • Mungkin tipe WI-Fi yang satu ini digolongkan untuk orang/perusahaan dengan badget di kantong yang besar dan pastinya membutuhkan kemaksimalan dalam pengiriman data. Kecepatannya sendiri sudah mencapai 1300 MBps, tentu memanjakan penggunanya dan didukung dengan memperbolehkan frekuensi 5 GHz. Tipe IEEE 802.11 ac merupakan generasi terbaru dan populer pada masa kini.

Dilihat dari pengertiannya, perbedaan antara setiap tipe pada WI-Fi ditujukan pada kebutuhan manusianya atau pemakaiannya. Dimulai dari generasi pertama sampai generasi ke 5 yang merupakan generasi paling baru. Berturut-turut setiap generasi meninggikan kecepatan dan kemampuan penggunanya.

Semoga ulasan singkat tentang perbedaan data diatas dapat menambah wawasan temen-temen dan lebih pintar dalam pembelian perangkat Wi-Fi selanjutnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *