√ Definisi Serta Perbedaan Algoritma dan Pemrograman

Posted on Dibaca : 22 x

Pernahkah kalian melihat film yang bertemakan Hacker? salah satu dari film yang paling terkenal mengenai tema Hacker ini adalah “Who Am I”. Tokoh utama pada film ini terkenal dengan keahliannya membuat program untuk suatu alasan. Atau kalian sering bermain sebuah game di Smartphone atau laptop kalian? semua game tersebut dibuat dengan suatu program dalam suatu kondisi. Mengenai hal ini, apakah program tersebut dibuat dengan suatu langkah yang rumit? dan bagaimana kita memulainya untuk membuat program?. Mari kita mulai dengan dari beberapa penjelasan mengenai hal ini…

Baca : perbedaan antara aplikasi dan software

Dalam dunia Teknik Informatika, kemampuan ini dapat dilakukan dengan memahami jalannya suatu kondisi. Seperti contohnya kegiatan kita setiap hari, dari mulai bangun tidur, sarapan, sampai pergi dari rumah. Membiasakan melakukan kegiatan secara runtut dan terstruktur adalah salah satu penerapan dalam membuat program. Ketika kita ingin menghasilkan produk Software atau game yang berkualitas, kemampuan Multimedia dan coding sangat dibutuhkan.

Istilah lain yang sering terdengar yaitu Algoritma dan Pemrograman. Apa pengertian, contoh, dan penerapan dari keduanya? lagi ayo kita mengenal tentan dua hal tersebut…

Pengertian

Algoritma

  • Algoritma adalah suatu instruksi-instruksi yang dibuat untuk menghasilkan fungsi tertentu. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma ini digunakan untuk mempermudah penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Penemu atau pengembang dari Algoritma pertama kali adalah seorang muslim matematikawan dari Persia yang bernama Al-Khawarizmi. Untuk mempermudah proses membuat sebuah instruksi pada algoritma sering digunakan Diagram Alir (Diagram Flowchart). Fungsi utama dalam penggunaan Algoritma ini adalah pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Pemrograman

  • Pemrograman adalah proses membuat program dengan langsung menerapkannya dalam kode-kode bahasa pemprograman untuk melakukan fungsi tertentu. Dalam ilmu komputer, bahasa komputer pada awalnya hanya berupa instruksi dari beberapa digit angka 0 dan 1. Dengan adanya bahasa pemprograman, membuat komunikasi dalam komputer dipermudah karena mudah dimengerti oleh manusia. Algoritma dalam pemrograman sangat membantu, karena para programmer akan lebih terstruktur dalam mengolah kode dari awal sampai akhir program. Dari kumpulan algoritma tersebutlah akan menghasilkan program yang dalam konteks satu kesatuan dan dapat menghasilkan fungsi yang diinginkan.

Contoh Dari Algoritma dan Pemrograman

Algortima

Algoritma dibawah dibuat tanpa menggunakan Diagram Flowchart (Algoritma kegiatan makan).

    1. Siapkan makanan dipiring dan satu buah sendok (pada bagian ini dapat disebut input)
    2. Ambil makan dengan sendok + masukan ke mulut
    3. Apakah makanan di piring sudah habis? (bagian ini dapat disebut kondisi)
    4. Jika makanan di piring sudah habis, lakukan langkah 6
    5. Jika makanan di piring belum habis, lakukan langkah 2
    6. Kegiatan makan selesai

Pada algoritma tersebut, dimaksudkan untuk membuat program makan dengan teratur dan terstruktur. Di mulai dengan memasukan nilai berupa makanan dan alat yang digunakan. Dilanjut dengan proses memakannya, apabila makanan di piring belum habis, program akan terus berjalan sampai makanan benar-benar habis secara berulang-ulang. Setelah makanan benar-benar habis, program akan mengeksekusi instruksi nomor 6 (done/selesai).

Pemrograman

Program yang digunakan menggunakan bahasa C++ untuk mengeluarkan keluaran nilai berupa kata “Hello world“.

#include <iostream>

int main () {

std::cout << “Hello world” << std::endl;

return 0;

}

Program sederhana diatas ini adalah salah satu program bahasa pemprograman C++ yang akan mengeluarakan keluaran berupa kata “Hello World“. Program dari C++ dirasa sangat penting untuk dipelajari oleh pemula karena memudahkan untuk belajar bahasa pemprograman lainnya. Bahasa pemprograman C++ bersifat multiplatform yang artinya dapat digunakan untuk banyak perangkat seperti Microcontroler, Playstation, Komputer berbasis berbagai OS, Smartphone Android/IOS, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Program Algoritma adalah salah satu cara untuk membuat sebuah program pada pemrograman. Karena teori instruksi yang harus dibuat secara terstruktur, Algoritma menjadi hal yang penting dan memudahkan seorang programmer. Dilihat dari fungsinya, Sebuah program yang menghasilkan fungsi pada komputer adalah perpaduan antara Algoritma dan Bahasa Pemrograman. Atau bisa dikatakan sebuah program di susun dari beberapa algoritma.

Referensi :
Channel youtube_ Kelas terbuka
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Algoritme
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pemrograman

  • perbedaan waktu indonesia and buenos airos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *