√ Perbedaan Antara Aplikasi Dan Software

Posted on Dibaca : 19 x

Apakah kalian memiliki sebuah Smartphone Android? Jika kita perhatikan dalam Smartphone tersebut pasti terdapat Aplikasi yang terinstall disana. Entah itu dari produknya sendiri atau Aplikasi yang kalian Download di Playstore secara mandiri. Namun, pernahkah kalian berfikir mengapa Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai yang kalian inginkan?. Dan coba bandingkan dengan Aplikasi yang ada pada perangkat Komputer! mengapa Aplikasi yang berada diKomputer tidak dapat dijalankan di Smartphone kalian?.

Untuk itu, kita akan membahas dan sedikit mengulas tentan hal ini “Perbedaan Aplikasi dan Software”. Mengapa kita membandingkan keduanya? karena pada dasarnya keduanya sangat berkaitan dalam hal ini.

Pengertian

  • Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau Software Application yang bergantung pada kinerja perangkat yang digunakan dan menjalankan program secara langsung (tatap muka antar pemakai dan aplikasi). Hal ini yang membuat sebuah Aplikasi sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan. Dalam penerapannya, sebuah Aplikasi dibuat untuk mempelajari kinerja suatu perangkat sekaligus membantu para pengguna untuk mengolah data seperti dokumen, data basis, bahkan sebuah media hiburan seperti Musik atau Video. Jika kalian memiliki sebuah Aplikasi yang dapat mengolah data, mengolah kata, serta lembar kerja secara bersamaan. Aplikasi tersebut dapat dinamakan dengan Aplication Suite atau Suite Aplikasi. Sebuah Suite Aplikasi memungkinkan kita untuk mengolah beberapa media dalam satu Aplikasi.
  • Software adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan sebuah perangkat berjalan sesuai dengan keinginan. Tanpa adanya Software, perangkat kita tetap dapat berjalan. Namun, tidak akan berjalan secara maksimal dan sesuai perintah. Seperti halnya manusia, kita memiliki tangan, kaki, dan sebagainya. Semua hal tersebut selalu digerakan dengan instruksi dari otak yang disalurkan langsung ke bagian tubuh kita. Pada Software Komputer, data-data yang berupa instruksi akan memerintahkan Komputer untuk menyala dan melakukan tugasnya yang disampaikan melalui input berupa Mouse atau Keyboard kita.

Perbedaan

Dilihat dari pengertiannya, sebenarnya apa hubungan antara Aplikasi dan Software. Meskipun keduanya adalah sebuah perangkat lunak, tetapi sebuah Aplikasi yang sering kita pakai untuk mengolah kata dan data bukanlah Aplikasi yang menyalakaKomputer dan Smartphone kalian. Pada perangkat Komputer, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Operator System. Apakah ini?. Operator System adalah sebuah Aplikasi yang mengatur operasi dari perangkat kita. Pada Smartphone kalian yang paling terkenal adalah OS Android. Jika pada komputer adalah OS Windows atau OS Linux.

Contoh Aplikasi Dan Software

Dalam pemanfaatannya, Aplikasi memiliki banyak jenisnya. Berikut daftarnya :

Pemanfaatan Dalam Bidang

Faktor

Aplikasi Perusahaan

Aplikasi yang digunakan membutuhkan kemudahan dalam mengolah angka dan data perusahaan. Karena pada perusaahan sangat dibutuhkan managemen produk dan SDM, serta akuntansi.

Infrastruktu Perusaahaan

Perlu aplikasi yang mampu mengolah alur kerja bisnis, serta managemen basis data, aset digital, dan dokumen.

Informasi Kerja

Perlu aplikasi yang mampu mengontrol sumber daya manusia, mengolah dokumentasi dan data, serta memiliki kemampuan analitik (matematis) dan kolabarasi.

Media Dan Hiburan

Perlu aplikasi yang sudah mendukung pemutaran file-file seperti mp3, mp4, mkv, dsb.

Pendidikan

Perlu aplikasi yang dapat mengawasi jalannya pendidikan dan harus sesuai dengan survei lapangan, serta manajemen aset-aset sekolah.

Pengembangan Media

Perlu aplikasi yang mendukung pembuatan desain dan grafis, mendukung beberapa file pada visual, serta kemudahan berekspresi.

Rekayasa Produk

Perlu dukungan rekayasa perangkat lunak dan rekayasa perangkat keras.

Contoh dari Software dapat kita ketahui berdasarkan distribusi atau pemakaiannya.

  • Software Berbayar : Seperti namanya, software ini ditujukan untuk keperluan bisnis dan sudah pasti tidak gratis. Seperti contohnya pada software windows, Microsoft office, adobe photo shop, dan sebagainya.

  • Free Software : bebas penggunaannya tetapi tidak harus gratis. Keistimewaan dari free software adalah open source atau dibebaskan untuk mencoba perangkat lunak.

  • Freeware : Perangkat lunak yang gratis dan tanpa adanya batas waktu pemakaian. Perangkat lunak ini biasanya sudah terdapat pada komputer seperti halnya perangkat lunak mozilla.

  • Shareware : Bersifat open source dan dibatasi waktu dalam penggunaannya.

Demikian ulasan singkat saya tentang arti perbedaan antara Aplikasi dengan Software yang perlu kita ketahui bersama. Silahkan jika ada yang perlu ditambahkan atau bahkan dikoreksi temen-temen bisa berkomentar pada form dibawah ini, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *