√ Perbedaan Antara Hak dan Kewajiban Dan Contohnya

Kita ada di lingkungan sebuah masyarakat dengan ribuan manusia yang hidup dan memiliki banyak perbedaan antara satu dengan yang lain. Bagaimana mereka dapat hidup tanpa merasa ada yang dirugikan dengan hadirnya perbedaan?. Perlu diketahui bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan sifat sosial yang diberikan sebagai anugerahnya. Tanpa adanya sifat sosial tersebut, maka manusia akan berkelakuan seperti layaknya tidak ada yang bisa membantu masalahnya kecuali dirinya sendiri. Bahkan, tidak jarang kekerasan menjadi bukti lemahnya sifat sosial yang dimiliki oleh masing – masing individu. Lalu, hal apa yang membuat kita sebagai makhluk ciptaan-Nya memiliki kehormatan antara satu dengan yang lain?

Manusia pada dasarnya memiliki sebuah hak yang sudah ada sejak lahirnya ke dunia seperti hak untuk hidup. Kita sebagai manusia tidak akan lepas dari hak yang sudah melekat dan hekekatnya tidak dapat dibagi. Dengan adanya hak, maka butuh adanya kewajiban untuk mendapat hak yang kita miliki. Lalu, sebenarnya apa pengertian dari hak dan kewajiban itu sendiri dan apa perbedaan dari keduanya?

Menurut pengertian dari hak itu sendiri hak memiliki arti sesuatu yang sudah melekat dalam diri manusia sejak lahir bahkan sebelum lahir dan tidak dapat dibagi oleh dan kepada siapapun. Pada pandangan umum hak juga dapat diartikan sebagai sesuatu kewenangan dari setiap orang yang telah melaksanakan kewajibannya. Maka, hak sebenarnya adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia itu sendiri untuk mempertahankan hidup dan mendapatkannya secara bebas tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Contoh dari “Hak” :

• Hak pribadi : hak yang dimiliki oleh setiap manusia mulai dari hidupnya manusia. Seperti hak hidup, hak memiliki pasangan, hak mempunyai keluarga, dll.

• Hak ekonomi : hak untuk memiliki dan hak untuk ikut aktif dalam kegiatan ekonomi. Seperti hak memiliki barang, hak jual beli, hak untuk mendapatkan rumah, dll.

• Hak politik : hak untuk ikut aktif dalam kegiatan politik. Seperti hak dipilih dan memilih, hak ikut serta dalam sebuah partai, hak membuat partai politik, hak bermusyawarah, dll.

• Hak yang sama didepan hukum : hak untuk mendapatkan perlakuan sebagai manusia dan perlakuan yang sama didepan hukum. Seperti hak untuk mendapat pengacara.

Menurut pengertiannya kewajiban dapat dikatakan sebagai salah satu hal yang harus dilakukan seseorang yang merupakan tanggung jawab yang harus dijaga dan tidak dapat dilanggar. Kewajiban juga bisa diartikan sebagai salah satu bentuk tugas yang dimiliki seseorang untuk mendapatkan haknya sebagai manusia. Dengan dijalankannya kewajiban sebagai individu yang bermasyarakat dan bermartabat, kehidupan yang layak akan berangsur-angsur tercapai.

Contoh dari “Kewajiban” :

• Menghargai pendapat orang lain

• Menjunjung tinggi nilai persatuan dan keadilan

• Menaati segala peraturan yang telah ditetapkan secara musyawarah

• Patuh dan tunduk kepada hukum yang berlaku di suatu negara atau daerah

• Turut serta dalam pembangunan masyarakat dan lingkungan masyarakat

Kesimpulan :

Hak adalah salah satu hal yang dimiliki oleh setiap manusia untuk kelangsungan hidupnya dan menjalankannya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Hak bersifat sangat pribadi dan tidak dapat dibagikan atau dilepas. Hak dan kewajiban selalu berjalan lurus dan berdampingan. Banyak dari kalangan masyarakat masih mementingkan haknya sebagai seseorang tanpa melihat kewajiban yang seharusnya dilakukan. Kita sebagai bangsa yang majemuk haruslah mengedepankan untuk menjalankan kewajiban sebagai manusia sebelum meminta hak kepada orang lain.

Satu-satunya perbedaan antara hak dan kewajiban adalah dari cara memperoleh dan melaksanakannya. Jika seseorang telah menjalankan kewajibannya, maka hak akan mengikuti seperti uang koin yang memiliki sisi lain namun sangat dekat dan memiliki nilai yang hampir sama. Demikian beberapa perbedaan Hak dan Kewajiban beserta contohnya, semoga bermanfaat…

pengertian perbedaan hak dan kewajiban, perbedaan hak dan kewajiban brainly, perbedaan hak dan kewajiban menurut para ahli, persamaan hak dan kewajiban, perbedaan hak dan kewajiban siswa, perbedaan hak dan kewajiban disekolah, penjelasan perbedaan hak warga negara, persamaan dan perbedaan makna hak dan kewajiban, contoh hak dan kewajiban, perbedaan hak dan kewajiban, makna hak dan kewajiban warga negara, hubungan hak dan kewajiban, hak dan kewajiban manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *