√ Perbedaan Antara HDD Dan SSD

Posted on Dibaca : 19 x

Teknologi Informasi, memberikan kemudahan pengiriman data berupa file-file yang di butuhkan setiap harinya. Salah satu perkembangannya yaitu berupa perangkat yang mengikuti kerja otak, apa lagi kalau bukan komputer. Seperti manusia, komputer juga memiliki batas kemampuan untuk mengelola data-data yang sudah tersimpan. Kalau tidak percaya, coba bayangkan!!. Jika kalian masih berada di bangku sekolah. Maka, tentu setiap siswa yang ada di dalam kelas tersebut memiliki kelemahan dalam pelajaran tertentu. Apalagi jika sudah masuk dalam dunia kerja, sudah semestinya ada bagian-bagian tertentu atau spesialis tertentu dari setiap pekerjaaan. Walaupun, memang ada seseorang yang memiliki kemampuan yang tidak terduga. Pada komputer, kemampuan mengolah data dapat dirasakan apabila kita melakukan aktivitas yang agak berat. Komputer memang dibuat untuk setiap kebutuhan pada manusia. Setiap manusia memiliki kebutuhannya masing-masing yang sulit di prediksi oleh sang produsen.

Contohnya saja jika kalian adalah seorang Gamer, pasti kalian butuh dong perangkat yang sudah mumpuni untuk bermain game?. Lalu, bagaimana jika kalian adalah seorang pekerja kantoran yang membutuhkan kemampuan pengolahan kata? Apakah kalian akan membeli komputer dengan spek yang sama dengan para Gamer?. Tentu saja tidak perlu, selain menghemat biaya, komputer dengan spek minimum juga dirasa sudah cukup.

Mengenai hal di atas, kita akan membahas yang namanya HDD dan SSD. Apa pengertian, perbedaan, serta manfaatnya bagi komputer?.

Pengertian

  • HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive. Seperti namanya, Hard Disk adalah sebuah perangkat keras dari beberapa komponen komputer yang mampu menyimpan data dan mempengaruhi kecepatan output pada saat kita melakukan aktivitas. Seperti halnya memori internal pada smartphone kalian, Hard Disk bersifat permanen dan data yang disimpan tidak akan hilang kecuali di hapus atau terkena serangan virus. Hard Disk dibagi menjadi 2 partisi yang setiap partisi berisi data kalian dan data pada Operating System.
  • SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD adalah perangkat keras dari komputer yang menggunakan chip memori berbasis silikon dan berfungsi sebagai penyimpanan data-data. SSD memiliki kontruksi mirip seperti USB flash drive dan tersusun dari beberapa IC sebagai memori. Mengapa dikatakan mirip seperti USB flash drive?. Karena SSD dianggap versi canggihnya USB dan penyimpanan yang dilakukan sangat besar serta memiliki kecepatan transfer yang tinggi.

Perbedaan Antara HDD Dengan SSD

Perbedaan pada HDD dan SSD dapat dilihat dari ciri masing-masingnya. Mungkin perbedaan yang sering kalian dengar adalah SSD memiliki kemampuan transfer data yang lebih cepat ketimbang HDD. Memang benar, karena pada SSD menggunakan flash memori berbasis NAND yang merupakan jenis memori Non-Volatile atau memori yang tetap dapat menyimpan meskipun pada kondisi tegangan suplay di matikan.

Ciri dari HDD dan SSD dapat dilihat di tabel berikut.

Faktor

HDD ( Hard Disk Drive )

SSD ( Solid StateDrive )

Susunan atau komponenTersusun atas komponen mekaniktersusun atas komponen elektronik
Penggunaanmenimbulkan panas yang cukup tinggi, memakan banyak biaya liatrik, serta menimbulkan suara yang cukup kerasPanas yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi, biaya listrik yang relatif lebih rendah yaitu 1 watt atau berbanding terbalik dengan HDD yang membutuhkan 10 watt, tidak ada suara bising.
Kecepatan baca atau transfer50 MB/s sampai 120 MB/s200 MB/s sampai 550 MB/s
Booting atau restart per sekon30 – 40 detik10 – 13 detik
HargaRelatif lebih murah dari SSDRelatif mahal, bahkan dapat mencapai 8 kali lipat dari HDD

Manfaat dan Kesimpulan

Jika melihat dari performa yang ada pada tiap komponen. Tentu, pemanfaatan dan perbedaan sudah sangat terlihat. SSD sudah terbukti lebih memberikan performa yang maksimal ketimbang HDD. Karena hal inilah SSD memiliki harga yang cukup tinggi. Meskipun begitu, HDD dalam performanya sudah sangat mumpuni jika memang digunakan untuk pengolahan data yang ringan atau game-game yang membutuhkan spek rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *