√ Perbedaan Antara UFC dan MMA

Posted on Dibaca : 21 x

Salam olahraga semua 🙂

Indonesia akhir-akhir ini cukup disibukkan dengan digelarnya event terbesar se Asia yaitu Asian games dan Asian Para Games. Banyak atlet-atlet berjuang untuk mendapatkan raihan poin yang maksimal dan tentunya dari kontingen Indonesia juga :D. Dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan, kemenangan Indonesia yang paling mencolok adalah dari seni bela diri-nya. Maaf aja, kita tidak akan membahas tentang seni bela diri Indonesia, tetapi kita akan membahas pertarungan lain yang bernama UFC dan MMA. Mungkin dari beberapa kalangan pecinta olahraga sudah tau dari istilah tersebut. Dan untuk menambah wawasan kita, tidak ada salahnya menyimak yang satu ini.

Pengertian

Olahraga seni bela diri sering dikaitkan dengan pertarungan antara satu orang dengan yang lain. Tetapi, pada prinsipnya olahraga ini ditujukan untuk mengukur seberapa tahan tubuh kita menahan hantaman dari orang lain. Berikut pengertian dari UFC dan MMA.

  • UFC atau singkatan dari Ultimate Figther Champion yang berarti turnamen terbesar dalam pertarungan ini adalah salah satu turnamen terbesar dalam sejarah Amerika yang melibatkan kekuatan fisik atau otot untuk menjadi pemenang. Olahraga ini terbilang sangat extrim karena petarung sangat dibebaskan dan terkadang sampai ada yang berdarah-darah. Memang peraturan yang diberikan sangat bebas. Namun, ada beberapa gerakan yang ilegal seperti menggigit, memukul mata, menyikut kebawah, menendang kepala lawan yang berada di lantai, dan gouging headbutting. Tidak seperti pertarungan yang menggunakan batas karet saja. Pada UFC digunakan jaring sekaligus karet yang melingkar yang dibuat dengan 8000 tilium. Dalam turnamen ini terdapat banyak gerakan yang sangat populer seperti Leg Kicks From Hell, Showtime Kick, Kick of Death, Front Kick, Armbar Lock, Left Hand Hook, H-Bomb (Overhand Right), Hellbow (Spinning Back Elbow), Liver Shot, Heel Hook, dan lain sebagainya.
  • MMA atau singkatan dari Mixed Martial Arts adalah salah satu olahraga bela diri campuran yang membebaskan setiap petarung melakukan gerakan yang terbilang fatal. Beberapa teknik yang menjadi dasar dari olahraga ini adalah pergumulan, kuncian, tendangan, dan pukulan. Olahraga ini sudah di kenal sejak zaman yunani kuno. Pada zaman itu, penyebutan olahraga ini adalah pankration atau yang berarti Kekuatan penuh.

Di berbagai negara seperti Jepang, Inggris, Amerika, Tiongkok, Brasil, dll. Konsep dasar dari olahraga ini memang sama. Yaitu mengalahkan musuh dengan kekuatan fisik tanpa bantuan alat. Namun, ada beberapa ciri khas dari tiap negara tersebut.

Perkembangan Seni Bela Diri di Berbagai Negara

  • Jepang : Perkembangan MMA di Jepang terlihat dengan banyaknya kontes yang diberikan. Seperti pada tahun 1976 di dirikan NEW Japan Pro Wresting oleh Antonio inoki.
  • Inggris : Negara yang satu ini memang sudah terkenal dengan pertarungan sengit seperti ini. Jika kalian pernah melihat film IP MAN, maka terlihat dalam film itu anggota seni bela diri Inggris ikut berperan dan memiliki petarung yang hebat.
  • Amerika : Tidak diragukan lagi negara ini menjadi puncak bela diri MMA. Karena minat dan kesukaan masyarakat Amerika sendiri sangatlah tinggi. Termasuk turnamen yang sangat bergengsi yaitu UFC di dirikan di negara ini oleh pengusaha Art Davie.
  • Brasil : Konsep negara yang merdeka dan bebas membuat negara brasil menjadi salah satu negara yang memiliki minat bela diri terbesar. Ternyata konsep bela diri yang ada di brasil memiliki kesamaan seperti negara Jepang. Hal ini terlihat dengan adanya bela diri Judo dan Jiu-jitsu.
  • Tiongkok : Negara dengan populasi manusia yang sangat besar ini sudah sangat terkenal dengan bela dirinya. Hampir setiap film yang mereka buat di tambahkan konsep bela diri mereka. Konsep MMA yang berada di tiongkok sangat erat dengan peran Bruce lee. Bahkan para pakar MMA modern menyebutkan Bruce lee adalah pelopor MMA.

Kesimpulan

Perbedaan dari UFC dan MMA sangat terlihat dari terjemahannya dan juga prakteknya. Pada dasarnya sebuah pertarungan bela diri tetap akan berjalan meskipun tanpa bantuan sebuah turnamen. Namun, jika sebuah pertarungan didampingi sebuah turnamen bergengsi maka akan menambah minat masyarakat. Pada UFC dan MMA, wadah atau tempat berlangsungnya turnamen disebut dengan UFC. Sedangkan MMA adalah salah satu dari bela diri yang di lakukan di turnamen. seperti halnya sepak bola, terdapat pesta olahraga terbesar bagi club yaitu Champions League dan club-club eropa sebagai pesertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *