√ Pengertian Dan Perbedaan Antara Windows 32 Bit Dan 64 Bit

Bicara mengenai komputer tentu tidak lepas dari Operating System yang melekat padanya. Apa itu Operating System? dilihat dari namanya, Operating System berfungsi sebagai perangkat lunak atau Software yang mengatur jalannya operasi pada komputer. Jika kita tidak menginstalnya, kemungkinan besar komputer tersebut tidak akan berjalan dengan maksimal atau bahkan tidak bisa untuk digunakan sama sekali. Jenis-jenis dari Operating System juga beragam, dari yang paling terkenal yaitu Windows, Linux, Ubuntu, dan juga Macintosh.

Bicara mengenai OS Windows, Windows adalah Operating System yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft. Dimulai dengan merilis MS-DOS yang hanya memfasilitasi pengolah kata. Barulah mereka merilis Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 yang disertai dengan gambar yang sudah modern pada masa itu. Hingga kini (tahun 2018), Microsoft Windows sudah merilis Operating System andalannya mencapai versi 10.0 Build 10240 atau Windows 10 yang dirilis pada 29 Juli 2015 dan sudah dimodifikasi dengan menu mulai.

Perbedaan antara kecepatan dan kapasitas memori dapat terlihat pada Bit dari Windows tersebut. Namun, tidak semua versi Windows dapat menjalankannya. Windows memiliki kemampuan pada 32 Bit dan 64 Bit. Sebelum kita membedakannya antar keduanya, mari kita cari tahu sedikit tentang apa itu Bit?

  • Bit adalah proses pengolahan data yang dilakukan oleh komputer dalam bentuk angka binar atau binary code. Setiap data dihitung satuan Bit per satu digit.

Pada 32 Bit, kemampuan memproses data sebesar 32 digit dalam pemakaiannya. Lain halnya dengan 64 Bit yang mengoptimalkan kemampuan dan membutuhkan RAM yang cukup besar. Untuk membedakannya, kita dengan mudah melihat dari kelebihan dan kelemahannya dari masing-masing itu. Lihat pada data di tabel dibawah ini…

Kelebihan Dan Kekurangan Pada Windows 32 Bit

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kelancaran operasi pada RAM 4 GB kebawah dengan 1DIIM kapasitas memori 2 GB.

Tidak didukung kemampuan dalam mengolah data yang membutuhkan RAM diatas 4 GB.

Kemungkinan penggunaan instalasi aplikasi yang cukup luas dan mendukung aplikasi processor dibawahnya.

Aplikasi yang berjalan tidak sebanyak yang dimiliki oleh windows 64 bit.

Mudah untuk digunakan atau compatible untuk beberapa pengolah data.

Tidak sesuai dalam fasilitas game dengan grafik besar.

Kinerja yang optimal ketika digunakan komputer dengan RAM 2 GB dan tentu memudahkan para pengguna dengan badget yang minim dengan laptop kualitas sedang.

Kelebihan dan Kekurangan Pada Windows 64 bit

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki kapasitas memori yang besar hingga mencapai 17 GB

Tidak support pada setiap laptop, hanya beberapa saja dengan kemampuan RAM diatas 4 GB

Kemampuan menggunakan aplikasi lebih banyak ketimbang windows 32 bit

Tidak di rekomendasikan untuk laptop dibawah 4 GB karena dapat mengalami crash atau kegagalan sistem.

Memiliki kinerja pengolah data yang lebih efisien dan memungkinan bermain game dengan kualitas tinggi.

Sangat mudah digunakan dan sesuai dijalankan pada RAM diatas 4 GB.

Perbedaan dan Kesimpulan

Perbedaan pada Windows 32 Bit dan 64 Bit sangat terlihat dari kualitas penggunaannya yang compatible atau mudah dan mendukung pada beberapa aplikasi, serta kapasitas memori yang diberikan. Hal ini sangat terlihat jelas ketika kita membuat sebuah program visual atau pengembang perangkat pada Laptop yang sering kali membutuhkan performa perangkat yang mumpuni. Bahkan terkadang, Aplikasi pengolah gambar atau video seperti Adobe Premier Pro sulit untuk digunakan pada Windows 32 Bit, ini direkomendasikan untuk kalian yang ingin membeli Laptop, memang tidak semua aplikasi support pada aplikasi. Namun, Windows 32 Bit sudahlah sangat cukup dan dengan harga yang relatif lebih murah karena tidak memerlukan kapasitas RAM besar diatas 4 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *