√ Perbedaan DNA dan RNA

Pernahkah kalian berfikir mengapa kita memiliki beberapa kesamaan dengan orang tua kita?. Jika kita perhatikan, manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki keunikan yaitu mewariskan sifat, bentuk, dan beberapa kesamaan lain yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anaknya. Entah itu kebiasaan sehari-hari ataupun kesamaan dalam hal kepandaian. Mungkin diantara kalian yang sudah memasuki masa dewasa atau sudah menikah berfikir bagaimana sifat dan bentuk dari anak mereka kelak. Dalam materi genetik yang terdapat pada pelajaran biologi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti DNA dan RNA. Sebelum masuk ke materi DNA dan RNA, kita harus mengetahui materi genetik tersebih dahulu.

Materi Genetik

Dalam materi genetik, terdapat beberapa hal yang dapat kita pelajari. Jika kalian memiliki penyakit yang sudah ada sejak kecil, mungkin saja penyakit tersebut adalah warisan dari orang tua kalian. Atau pada hidung kalian, mengapa tidak terlihat mancung?. Dalam hal ini, materi genetik dari keduanya yaitu laki-laki dan perempuan bergabung menghasilkan gen baru. Materi genetik terdiri atas kromosom, gen, DNA, dan RNA. Namun, kita akan fokus membahas DNA dan RNA. Meskipun demikian, kalian perlu tau sedikit mengenai kromosom dan gen.

Kromosom adalah badan berbentuk batang atau bengkok yang memiliki fungsi menyimpan materi genetik, menentukan jenis kelamin, berperan dalam proses transkripsi DNA, dan dalam proses pembelahan sel.

Gen adalah unit terkecil dalam materi genetik. Gen terdapat pada lokus yang khas pada kromosom. Gen memiliki fungsi sebagai zarah ( zat terkecil dan tidak dapat dibagi ) pada kromosom, menyampaikan informasi genetik dari induk kepada keturunannya, mengatur proses metabolisme dan perkembangan.

Pengertian, Perbedaan, dan Contoh dari DNA dan RNA

Pengertian DNA

DNA adalah Asam deoksiribonukleat atau Deoxyribonucleic Acid. DNA juga dapat diartikan sebagai senyawa kimia yang dapat membentuk genetik suatu makhluk hidup yang terjadi secara turun-temurun atau berangsur-angsur. DNA dalam pewarisan gen, hampir membawa sebagian besar atau seluruh materi genetik di dalam kromosom. DNA berasal dari dua kata yaitu deoxyribosa dan nucleic yang berarti gula pentosa nukleat. Molekul DNA pertama kali diisolasi oleh F. Miescher pada tahun 1869 dari sel spermatozoa.

Pada struktur DNA disebut dengan struktur rantai berganda Watson-Crick yang di temukan oleh James Watson dan Francis Crick. Replikasi DNA dilakukan sebelum sel membelah diri dan terjadi penggandaan rantai ganda DNA sendiri. Beberapa dari masyarakat menggunakan DNA untuk mengetahui benar atau tidaknya keturunan serta mengurangi tingkat kriminalisme yang sering terjadi seperti penculikan anak.

Susunan kimia pada DNA adalah sebuah makromolekul yang kompleks. Molekul DNA disusun oleh dua rantai polinukleotida yang sangat panjang. Satu rantai polinukleotida terdiri atas nukleotida. Sebuah nukleotida tersusun atas.

• Gugus gula deoksiribosa ( gula dengan 5 atom karbon)
• Gugus asam fosfat ( fosfat terikat pada C kelima dari gula)
• Gugus basa nitrogen ( gugus yang terikat pada C pertama dari gula)

Pengertian RNA

RNA adalah Ribonucleic Acid atau Asam ribonukleat. RNA merupakan seutas benang tunggal yang tersusun molekul gula ribosa, gugus fosfat, dan asam nitrogen. RNA terdapat di dalam sitoplasma terutama ribosom. Ada juga beberapa RNA yang terdapat pada nukleus seperti DNA.

Berdasarkan letak dan dan fungsinya, RNA dibagi menjadi tiga bagian :

• RNA duta : penghubung DNA dengan protein dan membawa pesan berupa informasi genetika dari DNA untuk membentuk protein.
• RNA ribosom : terdapat pada sitoplasma terutama ribosom dan berfungsi sebagai pengatur proses sintesis protein.
• RNA transfer : Menerjemahkan kodon yang terdapat pada RNA-d menjadi satu jenis asam amino

Beberapa perbedaan dan persamaan antara DNA dan RNA :

FaktorDNARNA
LetakPada nukleus yaitu kromosom, mitokondria, dan kloroplasDi dalam sitoplasma,  pada ribosom dan nukleus
FungsiPenurunan sifat dan sintesis proteinSintesis protein
StrukturBerupa rantai panjang dan gandaBerupa rantai pendek dan tunggal
Pengaruh kadarTidak dipengaruhi oleh aktivitas sintesis proteinDipengaruhi oleh sintesis protein

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *