√ Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pernahkah kalian berfikir mengapa kita dapat tumbuh secara terus menerus menjadi seseorang yang memiliki ukuran fisik lebih besar dari masa kecil dulu, dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan. Dan bagaimana dengan benda yang tidak bernyawa seperti contohnya perangkat komputer, mengapa dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih berharga dan kemampuan beropasi yang terus meningkat. Apakah hal ini dapat dinamakan sebagai perkembangan dan pertumbuhan?.

Di lingkungan masyarakat, kita sering mendengar tentang awal mula kejayaan dan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan negara tercinta kita Indonesia. Di sekolah pada mata pelajaran biologi, tentunya sering mendengar bagaimana suatu makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Apakah pertumbuhan dan perkembangan dapat berarti di berbagai bidang?. Maka dari itu kita perlu mempelajari apa sih pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan, dan perbedaan apa yang menjadi ciri khas diantara keduanya?.

Pengertian pertumbuhan menurut para ahli

• Kartono, pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal dalam peredaran waktu tertentu.

• Fiktor ferdinand, pertumbuhan adalah pertambahan volume, massa, tinggi, atau ukuran yang dapat dinyatakan dalam angka atau secara kuantitaf.

Dari pernyataan yang telah disampaikan oleh para ahli, pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai suatu peristiwa dimana adanya perubahan secara fisik atau tidak fisik yang terjadi pada makhluk hidup dan sesuatu yang tidak dapat dilihat namun dapat dihitung menggunakan angka atau kuantitaf. Pertumbuhan dapat memiliki makna yang sangat besar mengingat hampir semua bidang dapat mengalami yang namanya pertumbuhan. Hampir segala hal yang lahir atau di ciptakan dapat mengalami pertumbuhan. Sebagai contoh pertumbuhan dalam bidang-bidang dibawah ini.

1. Biologi : pertumbuhan bayi hingga terlihat lebih besar secara ukuran dan dapat dilihat serta dihitung secara jelas.

2. Ekonomi : pertumbuhan industri pangan

3. Teknologi : pertumbuhan penggunaan internet dalam masyarakat

Pengertian perkembangan menurut para ahli

• Kartini kartono, perkembangan adalah perubahan-perubahan psikofisis sebagai hasil dari proses pematangan dari fungsi-fungsi psikis dan fisis pada diri anak yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam waktu tertentu menuju kedewasaan.

Perkembangan juga dapat diartikan dengan proses perubahan perilaku atau menuju keadaan yang lebih baik dari keadaan awal. Perkembangan dapat terlihat ketika suatu keadaan telah melebihi target atau tujuan awal diciptakannya. Perkembangan dalam beberapa bidang dapat dihitung dengan jumlah, namun ada juga beberapa perkembangan yang hanya terlihat dari perilaku saja. Perilaku ini dapat diakibatkan oleh faktor lingkungan tempat tinggal atau wilayah perkembangan terjadi.

Contoh :

1. Biologi : perkembangan makhluk hidup dari awal diciptakannya (bayi) menuju keadaan dimana sifat keremajaan mulai terlihat.

2. Ekonomi : perkembangan kualitas hidup manusia di Indonesia yang mulai berfikir tentang kehidupan dimasa yang akan datang.

3. Teknologi : perkembangan perangkat seperti smartphone, komputer, dan barang elektronik lainnya yang memiliki kualitas yang semakin baik.

Pertumbuhan dan perkembangan seperti dua hal yang saling berkaitan dan memiliki makna yang hampir sama. Namun, pertumbuhan lebih kepada sifat fisik yang terlihat dan dapat dihitung secara jelas. Sedangkan perkembangan mengarah pada bagaimana pertumbuhan akan memiliki makna yang lebih besar ketika perkembangan menyertai secara berangsur-angsur.

Sebagai contoh pada pertumbuhan anak kecil yang dari hanya bisa tidur menjadi anak yang lebih besar dan bisa berjalan yang termasuk bukti dari perkembangannya. Termasuk pola pikir masyarakat yang berkembang dari hanya memikirkan hasil menjadi masyarakat yang memikirkan proses pembuatan yang lebih efisien. Itulah ulasan singkat perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *