√ Perbedaan Sains Dan Teknologi

Sebuah hal yang memiliki sifat multiguna dimana Teknologi sebagai salah satu ilmu yang hampir digunakan di semua bidang studi. Tapi, apakah hal ini benar?. Apa sebenarnya definisi dari Teknologi itu sendiri?. Kita tidak bisa mengatakan bahwa Teknologi hanya berupa ilmu yang mencakup Komputer, Smartphone, dan barang-barang Elektronik saja. Lihat sekeliling kalian, bukankah kalian menggunakan sepeda motor atau kendaran seperti mobil?. Itu termasuk Teknologi yang bersatu dengan ilmu Sains.

Dari contoh-contoh diatas tadi bahwa kita sejenak mendefinisikan bahwa Teknologi adalah ilmu yang mencakup Komputer, Smartphone, dan barang-barang Elektronik. Bukankah semua itu adalah replika dimana manusia memakai ilmu yang sudah dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa otak kita sendiri yang termasuk dalam bidang studi Biologi?. Wow, ternyata semua dasar dari Teknologi adalah Sains. Lalu, apa definisi dari Sains itu sendiri. Apa perbedaannya dengan Teknologi yang kita kenal?. Dan bagaimana manusia menerapkan itu semua?. Kita akan membahas itu semua.

Pengertian, contoh/penerapan, dan manfaat bagi kehidupan manusia dari teknologi dan ilmu sains.

Pengertian Ilmu Sains

Dilihat dari bahasanya yang berasal dari bahasa latin, Sains yaitu “Scientia” yang berarti pengetahuan. Sains adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia dengan mencari pokok masalah dan berusaha mencari solusi dari masalah itu dengan data yang terstuktur berupa metode yang dipakai. Metode tersebut terdiri atas Observasi, Hipotesis, Prediksi, Penelitian, dan Kesimpulan.

Dalam perkembangannya, manusia menggunakan pengamatan dan menggunakan logika untuk memunculkan pengetahuan baru. Dan mengkombinasikan pengalaman serta kepercayaan untuk menghasilkan ilmu dengan metode pemecahan masalah secara ilmiah.

Pembagian ilmu Sains terlihat pada rumusan masalah yang harus dihadapi setiap studinya. Seperti pada Ilmu pengetahuan alam berikut ini.

  • Biologi : ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia secara langsung “Biology”. Terdiri atas Fisiologi, Genetika, Taksonomi, Anatomi, Biofisika, Virulogi, Zoologi, dll.
  • Kimia : ilmu yang mempelajari tentang reaksi-reaksi yang ditimbulkan pada zat-zat alam termasuk pada diri manusia “Chemistry”. Terdiri atas Elektrokimia, Kimia organik, Kimia analitik, Kimia anorganik, ilmu material, kimia polimer, thermokimia, dll.
  • Fisika : ilmu yang mempelajari tentang sebuah aktivitas manusia sehari-hari yang diwujudkan dalam pergerakan fisik dan menghasilkan sesuatu atau energi “Physics”. Terdiri atas Fisika material, Thermodinamika, Optik, Fisika nuklir, Astronomi, Kinetika, Dinamika, Mekanika quantum, dll.
  • Ilmu Bumi : ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup manusia dimana manusia itu tinggal dan pengaruh lingkungan sekitar dari kehidupan manusia. Terdiri atas Geologi, Geodesi, Hydrologi, Paleontologi, Ilmu lingkungan, Meteorologi, Oceanografi, dll.

Pada dasarnya, ilmu Sains terbagi atas ilmu sosial atau Sosial Sains dan Ilmu alam atau Natural Sains. Khusunya pada Natural Sains, ilmu-ilmu yang dipelajari selalu perhubungan terhadap manusia mulai dari hal yang ada pada diri manusia, zat yang berpengaruh kepada kehidupan manusia, segala aktivitas manusia, dan lingkungan hidup manusia. Hal ini karena memang pada awalnya ilmu pengetahuan diciptakan untuk membantu kehidupan manusia secara terus-menerus.

Pengertian Teknologi

Seperti ilmu Sains, Teknologi diciptakan untuk membantu kelangsungan dan kenyamanan kehidupan manusia. Teknologi mencakup semua barang yang digunakan manusia untuk menghasilkan efisien atau keefektivan waktu. Pada dasarnya Teknologi merupakan lanjutan dari ilmu Sains. Mengapa demikian?. Coba bayangkan, dari mana manusia pertama yang meninggalkan atmosfer bumi menuju bulan merasa yakin bahwa hal itu aman dan bagaimana roket dapat dibuat?. Tentu, hal itu sangat berhubungan dengan ilmu Sains.

Penemuan-penemuan yang muncul seperti mesin cetak, telephone, internet, senjata nuklir, pesawat, dan sebagainya ditemukan menggunakan metode dari sains.

Contoh teknologi yang dibuat berdasarkan ilmu Sains :

  • Biologi : Komputer dan internet yang dibuat dengan mengetahui kerja otak yang kompleks dan mempunyai nilai masukan (input) dan keluaran (output).
  • Kimia : Pembuatan kerangka pesawat yang digunakan dengan reaksi-reaksi zat dan menghasilkan besi atau baja yang meminimalisir terjadinya keretakan pada saat pesawat sedang terbang.
  • Fisika : Teori tentang adanya gaya keatas yang memungkinkan manusia menciptakan kapal selam sebagai kekuatan militer dan juga penelitian laut.
  • Ilmu Bumi : Roket yang melewati atmosfer bumi seharusnya meledak dan terbakar. Mengapa manusia berhasil menuju ke bulan?.

Kedua ilmu tersebut tudak dapat dipisahkan. Kemudahan yang diberikan ilmu teknologi berdasarkan pada ilmu sains. Ilmu Sains memberikan sebuah rumusan masalah yang sudah diatasi untuk kehidupan manusia. Sedangkan Teknologi berupa penerapan yang digunakan manusia untuk keefisienan dan keefektivan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *