√ Perbedaan Teknologi Analog Dan Digital Serta Pengertiannya

Halo semua, jika bicara soal Teknologi pasti tidak akan ada habis-habisnya kan?. Karena kemudahan yang diberikannya menjadi salah satu alasannya. Teknologi memang ditujukan untuk memberikan efisien waktu bagi manusia. Tapi, tidak semua teknologi yang dibuat selalu diterima oleh masyarakat untuk kehidupan dan diterapkan langsung. Setiap alat yang dibuat selalu diupdate atau dibuat kembali semaksimal mungkin sehingga menghasilkan teknologi yang prinsipnya sama namun memiliki kualitas yang meningkat tanpa menghilangkan fungsi aslinya. Contohnya saja pada teknologi Analog dan Digital. Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan hal ini kan?. Setidaknya kalian pernah mendengar atau melihat tulisan “TV digital ” di beberapa merek TV :). Memang istilah ini sudah sangat terkenal. Namun, untuk kalian yang hanya tahu kata per kata nya saja tanpa tau maknanya. Kita akan membahas pengertian, perbedaan, dan bagaimana pemanfaatan antara Teknologi Analog dan Digital ini.

Pengertian

Pernahkah kalian mendengar tentang pengeboman daerah yang terkena bom atom di daerah Jepang, tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki?. Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa pada saat itu Negara dengan super power yaitu Amerika Serikat menjatuhkan bom atom yang dapat menghancurkan Kota dalam sekejap bahkan meninggalkan racun mematikan?. Perlu kalian ketahui, bahwa pada peristiwa tersebut terdapat kekeliruan dalam penyampaian sinyal. Yaitu kekeliruan mengartikan kata Mokusatsu yang dapat diartikan bahwa “Kami akan menaati ultimatum tuan tanpa komentar”. Menjadi salah arti yaitu “mengabaikan” atau no comment. Karena hal inilah bom atom di jatuhkan di daerah tersebut.

Dilihat dari hal tersebut, sinyal untuk pengiriman data dirasa sangat penting untuk kita ketahui dan ada baiknya kalian tahu makna dari sinyal tsb. Sinyal sering dikatakan sebagai suatu besaran fisis yang merupakan fungsi waktu, ruangan, atau beberapa variabel. Menurut Stoneytiti, sinyal adalah kuantitas terukur yang rentang waktunya atau spasialnya yang bervariasi.

  • Teknologi Analog adalah salah satu program sederhana dalam proses pengiriman gelombang dengan transmisi suara dan gambar. Teknologi ini bergerak secara manual dan memiliki dua karakteristik atau parameter yang sangat penting yaitu isyarat analog amplitudo dan frekuensi. Jarak pada pengiriman data analog ini memiliki jangkauan yang cukup jauh, tetapi teknologi ini mudah sekali terpengaruh oleh noise atau gangguan pada suara.
  • Teknologi Digital adalah salah satu program yang sudah didukung dengan salah satu Teknologi berbasis komputerisasi. Teknologi digital memiliki kemampuan mengubah signal menjadi beberapa urutan bilangan biner atau bilangan yang berisi angka 1 dan 0. Bilangan biner inilah yang hanya bisa dimengerti oleh komputer selain bahasa pemprograman. Karena pada Teknologi digital sudah didukung kemampuan komputer, hal ini dapat meningkatan kualitas pengiriman data khususnya gambar dan suara yang lebih baik dari Analog.

Jika kita pahami dari makna Teknologi Analog dan Digital, bukankah keduanya berupa sinyal yang dapat menyampaikan informasi?. Yap, betul. Keduanya adalah sinyal gelombang yang mampu mengirim data berupa audio (suara) , visual (gambar) , dan sebagainya. Jika dilihat dari peristiwa Jepang tadi, pada masa itu masih menggunakan sinyal Analog yang manual dan terkadang tidak tepat sasaran.

Contoh Teknologi Analog dan Digital

Karena Teknologi Digital adalah kelanjutan dari Teknologi Analog yang otomatis tanpa pengaturan manual. Maka, penerapan dan perbedaan dari keduanya juga tidak jauh berbeda. Hanya kualitas dari pengiriman data saja yang membedakannya.

  • Salah satunya pada alat komunikasi Telephone. Pada negara-negara yang sudah maju seperti Inggris dengan ciri khas berupa kotak merah telephonenya, penggunaanya masih berupa tombol-tombol manual untuk menentukan nomor telephone yang dituju dan masih menggunakan sistem pembayaran tunai. Sedangkan pada Smartphone yang kalian gunakan sudah lebih modern tanpa harus susah payah menekan ulang nomor yang dituju karena sudah tersimpan dalam contact.
  • Contoh lain dari penerapan Teknologi ini ada pada alat komunikasi Televisi, tentu saja kalian yang merasakan masa-masa dimana satu televisi untuk satu desa sudah faham dengan hal ini :D. Televisi pada zaman dulu masih menggunakan tombol-tombol yang membutuhkan beberapa pengaturan terlebih dahulu dan memiliki kualitas gambar hitam putih. Jika dibandingkan dengan yang sekarang, Deknologi Digital pada televisi sudah dipermudah dengan remote control bahkan Smartphone kita juga dapat digunakan dan memiliki kualitas gambar yang jauh lebih asli atau berwarna.
  • Bahkan pada alat komunikasi berupa transportasi seperti Pesawat juga merasakan perubahan dari Analog ke Digital. Jika pada zaman dulu pesawat yang tidak di kendarai dengan pilot dapat berakibat jatuhnya pesawat tersebut. Di zaman sekarang, pesawat memiliki suatu alat kendali yang memungkinkan pesawat tetap terbang stabil tanpa adanya pilot.

Referensi :
– perkembanganteknologi.wordpress.com
– Artikel pemanfaatan kecanggihan teknologi berbasis digital (Memudahkan Komunikasi Manusia) Farida STAIN Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *