√ Perbedaan Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang perbedaan antara Monokotil dan Dikotil. Pelajaran ini biasanya diajarkan disekolah SD kelas 4, tapi tidak ada salahnya untuk siapapun mengenal kembali untuk pengetahuan tentan tumbuhan ini. Mari simuak sampai tuntas artikel singkat tentang perbedaan monokotil dan dikotil.

A. Monokotil

Monokotil adalah salah satu dari dua kelompok besar tanaman berbunga atau angiospermae. Bibit monokotil biasanya memiliki satu kotiledon (biji-daun), berbeda dengan dua kotiledon yang khas dari dikotil. Banyak tanaman yang dibudidayakan untuk mekar yang berasal dari kelompok monokotil, terutama bunga lili, bunga bakung, bunga iris, amarilis, anggrek, cannas, bluebell dan tulip.

B. Dikotil

Sementara itu, Dikotil adalah tanaman yang memiliki biji dua helai serta memiliki beberapa kriteria sebagai berikut, diantaranya :

– Berbagai jenis tulang daun seperti: bersirip, berjari

– Batang dengan kambium

– Akar terbalik

Tanaman dikotil sendiri dapat dikelompokkan menjadi lima klasifikasi, yaitu :

  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), misal : jarak, singkong, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), misal : pete, kacang tanah
  3. Terung-terungan (Solanaceae), misal : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), misal : jambu biji, jambu air
  5. Komposit (Compositae), misal : bunga matahari

Perbedaan antara batang monokotil dan dikotil adalah bahwa batang monokotil tidak bercabang, berdaging dan biasanya lemah serta tidak bertambah tebal dari tahun ke tahun. Batang dikotil biasanya keras dan akan tumbuh lebih tebal setiap tahun.

Tujuan dari jaringan vaskular di dalam tanaman bervariasi. Epidermis berfungsi sebagai lapisan luar yang melindungi sel-sel di dalam batang. Korteks terdiri dari jaringan vaskular yang berfungsi sebagai organ penyimpanan di banyak tanaman. Gula dan protein disimpan di musim gugur dan digunakan di musim semi. Xilem adalah jaringan vaskular yang membuat vena yang mengalir keluar dari seluruh tanaman. Xilem mengangkut air dan mineral melalui setiap bibit tanaman. Floem adalah jaringan vaskular yang juga menciptakan vena. Floem mengangkut gula atau glukosa dari daun ke sisa pohon. Intisari adalah jaringan spons yang menyimpan dan mengangkut nutrisi di dalam tanaman. Selain itu, intisari adalah jaringan yang tersisa dari xilem dan floem dari tahun-tahun sebelumnya.

Monokotil berbeda dari dikotil dalam empat fitur struktural yang berbeda, diantaranya : daun, batang, akar dan bunga. Namun, perbedaan mulai dari awal siklus hidup tanaman atau benih. Di dalam benih terletak embrio tanaman. Sedangkan monokotil memiliki satu kotiledon (vena), dikotil memiliki dua. Perbedaan kecil ini pada awal siklus hidup tanaman menyebabkan setiap tanaman untuk mengembangkan perbedaan yang sangat besar.

Akar : Berserat vs akar tunggang

Monokotil cenderung memiliki “akar berserat” yang menjalar ke banyak arah. Akar serabut ini menempati tingkat atas tanah dibandingkan dengan struktur akar yang dikotil yang menggali lebih dalam dan menciptakan sistem yang lebih tebal. Akar yang dikotil juga mengandung satu akar utama yang disebut taproot, di mana akar yang lain lebih kecil bercabang. Meskipun memiliki jenis tanaman, akar sangat penting untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman. Oleh karena itu, mendorong sistem akar yang lebih dalam dan lebih luas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tanaman.

Batang : Mengatur jaringan vaskular

Ketika tumbuhan monokotil berkembang maka batang akan mengatur jaringan vaskular (sistem peredaran darah dari tanaman) secara sporadis.  Selain itu, batang bertanggung jawab untuk mendukung seluruh tanaman dan membantu memposisikannya untuk mencapai sinar matahari sebanyak mungkin. Jaringan vaskular di dalam batang dapat dianggap sebagai sistem sirkulasi untuk membawa nutrisi ke setiap bagian tanaman.

Itulah pembahasan mengenai Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang wajib Anda simak. Semoga ulasan singat ini bermanfaat 🙂

apa itu monokotil, apa itu dikotil, pelajaran tentang tumbuhan,, contoh tumbuhan monokotil dan dikotil, ciri ciri monokotil dan dikotil, perbedaan monokotil dan dikotil pada akar, contoh tumbuhan dikotil dan monokotil, tumbuhan monokotil, kotiledon monokotil dan dikotil, perbedaan mudah dikotil monokotil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *