√ Perbedaan Waktu Antara Indonesia Dan Eropa

Perbedaan waktu Indonesia dan Eropa dapat menjadi informasi menarik bagi Anda yang ingin merencanakan kunjungan di Benua Eropa. Benua Eropa memiliki negara-negara tujuan yang indah dan sangat mempesona. Sebelum mengetahui hal menarik tentang perbedaan waktu antara Indonesia dengan Eropa, mari ketahui fakta menarik tentang Benua yang keren ini.

Fakta Menarik

Eropa merupakan salah satu Benua yang terkenal dengan keindahan dan kemajuannya. Banyak orang yang datang dari seluruh dunia menghabiskan liburan di Benua Eropa. Wilayah Eropa memiliki berbagai fakta menarik yang harus Anda ketahui. Secara teknis Eropa sendiri bukanlah merupakan sebuah Benua. Eropa hanya merupakan separasi atau dengan kata lain pemisahan dari benua Asia. Pemisahan tersebut merupakan salah satu ide dari Yunani yang berhasil dilakukan.

Di Eropa, kita bisa melihat toilet yang sangat panjang dan sangat tinggi, toilet ini berada di Mont Blanc. Toilet ini memiliki ketinggian mencapai 4200 meter. Rainforest (hutan hujan) terakhir juga terdapat di Eropa, tepatnya berada di Perucica, Bosnia. Rainforest merupakan jenis hutan yang hijau dan lebat sehingga memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi. Daerah ini memiliki iklim tropis sama halnya dengan iklim di Indonesia.

Hal unik lainnya, salah satu Negara di Eropa yaitu Italia memiliki orang-orang yang memiliki kebiasaan tidak bisa minum Cappuccino setelah lewat jam 11 siang. Lalu negara kecil di Eropa yaitu Belgia memiliki jaringan rel kereta api yang memiliki kelas dunia. Wow. Terakhir, Anda tidak akan pernah menemukan binatang menjengkelkan yaitu nyamuk di Iceland, Eropa.

Jarak Indonesia Dengan Eropa Serta Perbedaan Waktunya

Perbedaan waktu Indonesia dan Eropa yang terjadi tidak lain karena jaraknya yang cukup fantastis. Jarak antara Indonesia dan Eropa kurang lebih mencapai 10.360 km. Indonesia sendiri telah memiliki layanan penerbangan nonstop dari Indonesia ke Eropa yaitu melalui salah satu Maskapai terkenal di Indonesia.

Untuk mencapai Eropa, memerlukan waktu kurang lebih selama 14 jam. Anda bisa mendarat di Bandara Amsterdam Belanda dengan menggunakan maskapai penerbangan Nasional yang melayani penerbangan nonstop dari Indonesia ke Eropa. Perbedaan waktu tersebut dapat berganti-ganti berdasarkan musimnya. Contohnya saja, jika di musim gugur atau musim dingin, waktu di Polandia Eropa tertinggal 6 jam dari waktu Indonesia Bagian Barat/WIB.

Sedangkan pada musim semi atau panas, waktu di Polandia, Eropa hanya tertinggal 5 jam saja dari Waktu Indonesia Bagian Barat. Ternyata, tidak hanya di Eropa saja. Perbedaan waktu juga terjadi pada Negara lain yang mengalami 4 musim seperti negara-negara di Amerika.

Pengaturan tersebut didasarkan pada Daylight Saving Time yang bertujuan untuk memanfaatkan lebih banyak cahaya alami untuk dapat menghemat energy. DST dikenal dengan nama summertime. Jadi, pada musim dingin atau gugur waktunya dimundurkan satu jam. Benar-benar maju mundur waktunya.

Cara Mengetahui Waktu Pusat Eropa

Pusat Eropa adalah di Brussel – Belgia. Kenapa dipilihnya kota Brussel sebagai pusat Uni Eropa ? Berikut petikan dari Wikipedia :

Brussel di Belgia dianggap secara de facto sebagai ibukota Uni Eropa, yang memiliki sejarah panjang sebagai kantor pusat lembaga-lembaga Uni Eropa di European Quarter. Uni Eropa tidak memiliki ibu kota resmi tetapi Brussel menjadi tempat bagi Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa dan Dewan Eropa, serta kantor dari Parlemen Eropa.

Berikut cara menghitung waktu Indonesia (WIB) dengan kota-kota terkenal di Eropa :

Madrid (GMT+2)

London (GMT+1)

Paris (GMT+2)

Roma (GMT+2)

Berlin (GMT+2)

Budapest (GMT+2)

Bukares (GMT+3)

Minsk (GMT+3)

Kiev (GMT+3)

Moskow (GMT+3)

Jakarta – Indonesia menggunakan GMT+7. Jadi cara menghitungnya adalah dengan mengurangi GMT+7 dengan kota diatas yang Anda ingin ketahui.

Informasi mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Eropa perlu Anda ketahui agar Anda tidak merasa bingung jika suatu saat pergi ke Eropa dan memiliki perbedaan waktu maju mundur pada musim yang berbeda-beda. Jadi, jangan bingung dengan perbedaan waktu yang maju mundur di Eropa. Semuanya karena Daylight Saving Time yang sudah bekerja dengan optimal.

perbedaan waktu indonesia dengan negara lain, perbedaan waktu indonesia dengan inggris, waktu di eropa, perbedaan waktu indonesia dan filipina, perbedaan jam indonesia pakistan, perbedaan waktu indonesia dan thailand, perbedaan waktu di asia tenggara, perbedaan waktu indonesia dengan turki, eropa sekarang jam berapa, waktu eropa barat, waktu eropa dan indonesia, waktu eropa tengah, waktu eropa timur, waktu dunia saat ini, pembagian waktu di benua eropa, konversi zona waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *