√ Selisih Waktu Hijriah Dan Masehi

Waktu berjalan dengan pasti tanpa berhenti, dan disadari ataupun tidak kita akan sampai berada ditempat akhir.  Kini kita telah berada di tahun 2018 Masehi. Ada yang merasa waktu 1 tahun terasa lama, namun ada juga yang merasa waktu sangatlah cepat, semua tergantung perasaan keadaan masing-masing orang 😊

Perayaan tahun baru Masehi sebenarnya adalah tradisi umat Kristiani, tahun ini mengambil dari hari helahiran Isa Almasih. Dan nama-nama bulannya pun di ambil dari nama para dewa-dewi dari bangsa Romawi terdahulu. Tidak ada yang perlu diperdebatkan mana yang paling bagus, semuanya ada sisi bagus dan sebaliknya. Intinya peradaban dulu telah membangun fondasi ilmu pengetahuan yang hebat untuk masa setelahnya.

Tahun Hijriah dan Masehi tentu saja memiliki selisih waktu. Anda bisa melihatnya di kalender Anda. Kalender di Indonesia biasanya dilengkapi juga dengan waktu Hijriah dan Masehi. Tahun yang lebih populer di Indonesia adalah tahun Masehi. Hal tersebut juga sudah diajarkan di bangku sekolah dasar.

Mulai dari perhitungan Hari, Minggu, serta Bulan sudah diajarkan secara gamblang. Lalu, bagaimanakah perhitungan dari tahun Hijriah? Adakah selisih waktu antara Hijriah dan Masehi? Semuanya akan diulas secara singkat dalam penjelasan di bawah ini.

Selisih Tahun Hijriah dan Masehi

Selisih waktu Hijriah-Masehi akan dijelaskan setelah Anda mengetahui perbedaan antara keduanya. Asal mula dari Kalender Hijriah adalah diambil  dari hari wafatnya Rasulullah Muhammad SAW. Kemudian, tahun kelahiran nabi Muhammad SAW pun dijadikan sebagai awal tahun penanggalan Islam atau tahun Hijriah.

Penentuan ini dilakukan dengan cara menghilangkan seluruh bulan tambahan dalam periode waktu 9 tahun. Tanggal 1 Hijriah adalah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 Masehi. Dalam penanggalan Masehi, 1 tahun dihitung sebanyak 365 hari dan penanggalan dimulai sejak 1 Januari.

Kemudian, selisih waktu Hijriah – Masehi juga dibedakan berdasarkan penentuan awal mula tanggal. Kalender Masehi dimulai dengan patokan waktu 00.00 di waktu setempat. Dengan demikian, pergantian hari pun dimulai sejak pukul 00.00. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan penanggalan Hijriah yang dimulai dari terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Kalender Hijriah dibuat berdasarkan dengan bulan kalender Lunar atau Qomariyah. Kalender ini memiliki waktu 12 bulan dan dalam satu tahunnya terdapat kurang lebih 354 hari. Hari pada kalender Hijriah ternyata lebih pendek dibandingkan dengan hari pada kalender Masehi yang juga kurang lebih 365 hari dalam satu tahun.

Selain selisih waktu hijriah masehi yang berbeda, penamaan bulan pada kalender Masehi dan Hijriah pun berbeda. Kalender Masehi memiliki 12 bulan yang dimulai dari Januari, Februari, Maret , April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember.

Sedangkan pada kalender Hijriah, nama bulannya berbeda meskipun sama-sama memiliki waktu 12 bulan.

Berikut Bulan dan Banyaknya hari pada tahun Hijriyah :

No Urut Nama Bulan Hijriyah Banyaknya Hari
1Muharram30
2Safar29
3Rabiul awal30
4Rabiul akir29
5Jumadil awal30
6Jumadil akhir29
7Rajab30
8Sya’ban29
9Ramadhan30
10Syawal29
11Dzulkaidah30
12Dzulhijjah29/30
TOTAL354/355 Hari

Nama hari pun berbeda, Jika di Kalender Masehi dimulai dari hari

  1.  Senin
  2. Selasa
  3. Rabu
  4. Kamis
  5. Jumat
  6. Sabtu, dan
  7. Minggu,

Sedangkan pada Kalender Hijriah dimulai dari :

  1. Al Ahad
  2. Al Itsnayn
  3. Ats Tsalaatsa’
  4. Al Raabi’
  5. Al Khamsatun
  6. Al Jumu’ah, dan
  7. As Sabat

Jika dihitung, selisih antara tahun Hijriah dan Tahun Masehi adalah 11 hari. Tahun kabisat pada penanggalan Masehi terjadi selama 4 tahun sekali. Hal yang berkaitan dengan penanggalan Hijriah adalah kalender Syamsiah dan Qomariah. Jika penanggalan Syamsiah dihitung berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari, maka kalender Qamariah dihitung berdasarkan waktu revolusi bulan.

Jadi, itulah perbedaan antara penanggalan Hijriah dan Masehi. Kini, Anda sudah mengetahui selisih waktu hijriah masehi. Sebagai umat muslim, Anda harus memahami penanggalan Hijriah untuk mendapatkan hari-hari penting di penanggalan Hijriah. Selain itu, penanggalan Masehi juga penting untuk diketahui mengingat Indonesia sendiri menggunakan system penanggalan Masehi.

selisih waktu penanggalan antara kalender hijriah dan masehi, selisih antara kalender hijriyah dan masehi, berapa selisih perhitungan masehi dan komariah, selisih tahun masehi dengan tahun hijriyah adalah hari, perbedaan tahun masehi dan tahun hijriah, pengertian tahun hijriah dan masehi, perhitungan tahun hijriah dan masehi, perhitungan kalender hijriah, yang membuat kalender hijriah, awal tahun hijriah, asal usul tahun hijriyah, sejarah asal mula tahun masehi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *