Berapakah Selisih Waktu Indonesia Dan India

√ Berapakah Selisih Waktu Indonesia Dan India

Apa yang temen-temen bayangkan jika mendengar nama India? tariannya, filemnya, aktornya, atau bahkan filem kartun-nya seperti krisna dan shiva? 🙂 Hem,.. tidaklah salah kalau temen-temen pikirannya akan terbawa kesana, karena memang itulah kehebatan negara tersebut untuk membranding sesuatu untuk orang menjadi kenal dan ingat selalu tentang sesuatu pada yang “diijualnya”.

Disamping terkenal dalam dunia hiburan, negara satu ini juga juga banyak hal yang kiranya perlu kita pelajari untuk pengetahuan bersama.

Berikut beberapa fakta unik tentang yang ada di India:

  1. Tanda Isyarat “Setuju” : Berbeda dengan kita yang angggukan kepala adalah sebagai tanda setuju pada sesuatu, tapi di India dengan menggelengkan kepala ke sisi ke sisi secara khas justru sebagai tanda iya/setuju.
  2. Banyak Masyarakat Vegetarian : Hindu adalah Agama yang paling banyak dianut disana, dan Vegetarian adalah salah satu ajarannya, maka tak heran hampir 60% penduduknya Vegetarian.
  3. Pengguna Bahasa Inggris terbesar kedua : Kok bisa? faktanya begitu.  Mungkin kaena penduduknya besar jd penggunanya lebih banyak, itupun dengan dialek masing2 lokal yang ada disana.
  4. Lambang Cinta Abadi : Taj Mahal yang ada di Agra, India adalah lambang cinta suci yang abadi dari seorang suami untuk istrinya. Dibangun oleh Kaisar Mughdal yang bernama Shah Jahan untuk istrinya yang bernama Mumtaz Mahal pada tahun 1632M atau satu tahun setelah meninggalnya istri ke3 tersebut.

Taj Mahal - Selisih Waktu Indonesia Dan India

Untuk budaya, di India ada festival Diwali atau “Festival Cahaya” yang dianggap sebagai festival terbesar yang ada di negara tersebut. Festifal ini sangat dinantikan oleh masyarakat disana, dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut dan setiap hari yang ada punya makna yang berbeda. Acara ini biasanya ditunggu juga oleh pelacong dari negara tetangganya, bahkan dari luar negeri juga yang ingin merasakan suasananya secara langsung.

Posisi Geografis India

Secara geografis negara ini masih berada di kawasan Benua Asia Selatan. India juga berbatasan langsung dengan beberapa negara lain, seperti Cina – sebelah utara, Myanmar – sebelah timur, Sri Langka – sebelah selatan, dan Pakistan – sebelah barat.

Sebelum dikenal hingga saat ini, ternyata India dulu sempat mengalami masa-masa yang sulit seperti negara kita loch… selama lebih kurang 300 tahun mereka di jajah oleh Inggris, lalu merdeka pada tahun 1947. Sedangkan kita dijajah oleh belanda kurang lebih 350 tahun, dan merdeka tahun 1945.

Untuk sampai ke India, temen-temen harus menempuh penerbangan udara kurang lebih selama 8 jam itu pun merupakan waktu yang paling cepat dengan 1 kali transit di Singapura. Dengan kata lain, Anda bisa saja melakukan penerbangan yang lebih lama akibat dari berbagai faktor. Biasanya bandara pemberhentiannya adalah di Mumbai – India. Jarak yang ditempuh sekitar 4663 kilometer, dan biaya tiket kisaran di angka 4 jutaan.

Waktu India Sekarang

Berikut ini adalah jam realtime atau terbaharui/update. Terlihat jam yang sama di semua kota-kota di India, hanya berbeda dengan kita Indonesia (Jakarta).

Berapa Selisih Waktu Indonesia Dengan India ?

Mari kita hitung bersama perbedaan waktu antar negara keduanya. India ternyata berada di GMT+5.5, sedangkan kita di Indonesai berada di GMT+7 untuk Indonesia Barat.

Rumus atau rujukan untuk menghitungnya adalah dengan mengetahui selisih dari keduanya.  DJika berada di GMT lebih kecil artinya lebih lambat dan jika berada di GMT lebih besar maka waktunya lebih cepat.

Hasil membacanya:

India pberada di GMT+5.5
Indonesia berada di GMT+7

Waktu Indonesia bagia barat (WIB) selisih : 1.5 jam
Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) selsisih : 2.5 jam
Waktu Indonesai bagian Timur (WIT) selisih : 3.5 jam

Meskipun selisih waktu Indonesia dengan India ini tidak terlalu besar, namun tetap saja hal ini harus temen-temen perhatikan. Apalagi jika ini sebagai dasar untuk berkomunikasi antar negara, tentu perlu saling memahami dan tahu wakt-waktu dimasing-masing negara agara tidak ada miss ata salah paham.

Demikianlah informasi seputar selisih waktu Indonesia dengan India yang dapat kita pelajari. Semoga informasi di atas tadi ada yang bermanfaat buntuk semuanya. Ingatlah pula untuk selalu menghargai waktu yang Anda miliki saat ini, sebab waktu tidak dapat dimundurkan atau pun dimajukan sedetik pun.

perbedaan waktu indonesia dengan india mumbai, perbedaan waktu jakarta dan new delhi, jam berapa di india saat ini, perbedaan waktu indonesia bagian barat dengan india, jam berapa sekarang di new delhi, jarak antara indonesia dan india, jam berapa sekarang di mumbai, berapa jam penerbangan dari indonesia ke india, selisih waktu indonesia india, waktu dan jam new delhi india sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *