√ Selisih Waktu Indonesia Dengan Malaysia

Malaysia merupakan negara yang terdiri dari dua Pulau besar yang berjauhan, dan letaknya masih berdekatan dengan wilayah Indonesia yaitu di bagian Barat bersebrangan dengan Selat Malaka (Sumatera), dan di bagian Timur berdekatan dengan Pulau Kalimantan. Meskipun letaknya yang masih berdekatan, tetapi tetap saja ada perbedaan untuk selisih waktunya.

Yang Menarik Dan Unik Di Malaysia

Dalam hal pariwisata, Malaysia terkenal dengan beberapa tempat wisata yang indah dan unik seperti Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Lake Garden, KL Bird Park dan lain sebagainya. Selain itu, banyak pula kuliner-kuliner khas yang membuat para wisatawan asing khususnya Indonesia selalu tertarik untuk mengunjungi Negeri Jiran tersebut.

Jarak Dan Perbatasan

Perbatasan darat antara Negara Indonesia dengan Malaysia adalah sepanjang 2.019 km, dari wilayah Tanjung Batu di Kalimantan Barat Laut, kemudian melintasi dataran tinggi Kalimantan, sampai Teluk Sebatik serta Laut Sulawesi yang berada di Timur Kalimantan. Perbatasan tersebut yang kemudian memisahkan Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat di Indonesia dengan negara Malaysia bagian Sabah dan Serawak.

Dari perbatasan dan jarak tersebut, maka sudah dipastikan terdapat selisih waktu Indonesia dengan Malaysia. Perbedaan selisih waktu penting untuk diketahui bagi para penduduk Indonesia yang hendak pergi ke Malaysia, jangan sampai karena kita masih “bertetangga” dikira masih sama waktunya.

Waktu Di Malaysia Sekarang

Dalam hal pembagian waktu, Indonesia memiliki tiga zona waktu yaitu :

– WIB (Waktu Indonesia Barat)
– WITA (Waktu Indonesia Tengah)
– WIT (Waktu Indonesia Timur)

Sedangkan Malaysia, meskipun negaranya terbagi ke dalam dua pulau yang terletak berjauhan, Malaysia tetap memiliki satu zona waktu saja yaitu sama dengan WITA (Waktu Indonesia Tengah). Dan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan letaknya yang saling berjauhan satu dengan lainnya serta sangat luas, pantas memiliki tiga zona waktu yang berbeda sesuai posisi bumi. Maka perbedaan waktu Indonesia dengan Malaysia akan ada yang lebih cepat, lebih lambat dan bahkan sama dengan waktu di Malaysia.

Berdasarkan tiga zona waktu di Indonesia, diketahui bahwa selisih waktu Indonesia dengan Malaysia berbeda satu jam, namun perbedaan ini hanya berlaku untuk daerah Indonesia yang menggunakan zona waktu WIB dan WIT saja.

Berikut Ringkasan Pembagiannya

– Waktu Indonesia Barat (WIB) akan berbeda 1 jam lebih lambat dengan waktu Malaysia
– Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki waktu yang sama dengan Malaysia
– Waktu Indonesia Timur (WIT) berbeda 1 jam lebih awal dengan waktu Malaysia

Berdasarkan GMT

– Indonesia GMT+7

A. WIB GMT+7
B. WIT GMT+8
C. WITA GMT+9

– Malaysia GMT+8

Karena letak Geografis Indonesia dengan Malaysia yang tidak terlalu jauh itu maka perbedaan waktunya pun tidak terpaut jauh, bahkan ada yang sama. Tidak heran bila negara tersebut sering disebut juga dengan negara Jiran (Tetangga) atau juga Negara Serumpun. Bahasa yang digunakan pun dapat saling dipahami satu sama lain, walaupun dalam pelafasannya berbeda atau bahkan sebagian orang sama sekali tidak bisa. Khusus wilayah yang di perbatasan, misalnya Kalimantan Timur dan Kepulauan Ria bahkan bahasanya sama, yaitu Melayu.

perbedaan waktu indonesia dengan singapura, jam berapa sekarang di malaysia, perbedaan waktu malaysia dan singapura, jam berapa sekarang di indonesia, zona waktu malaysia, indonesia malaysia jam berapa, time difference between malaysia and bali, jam malaysia saat ini, waktu kuala lumpur sekarang, selisih jam indo malay, jam indonesia dan malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *