√ Selisih Waktu Indonesia Dengan Mekah

Mekah Al-Mukarramah adalah kiblat dalam sholat bagi umat muslim dari seluruh dunia, berikut ulasan perbedaan waktunya dengan Indonesia.

Selisih waktu Indonesia dengan Mekah termasuk hal yang perlu diketahui ketika Anda berencana berkunjung ke Kota ini. Mekah telah sejak lama menjadi salah satu negara yang dikenal oleh masyarakat dunia. Hal ini disebabkan peranannya yang turut serta dalam mengkonstruksi peradaban manusia di Bumi.

Hingga saat ini Mekah tidak pernah putus oleh kunjungan orang-orang dari berbagai Negara lain, terlebih bagi mereka yang beragama Islam. Kota Mekah menjadi salah tempat beribadah terbaik yang ada di dunia, maka tidak heran ketika pada bulan tertentu seperti baulan Haji mislanya, Mekah akan dibanjiri oleh umat Muslim dari seluruh duni untuk menunaikan ibadah Haji. Atau untuk ibadah Umroh yang dilakukan selain pada waktu bulan Haji tiba.

Mekah memiliki sebuah peninggalan sejarah yang juga menjadi arah pemersatu bagi Umat Muslim, yaitu Ka’bah yang letaknya berada Masjidil Haram. Bangun persegi empat ini, menjadi arah Kiblat bagi umat Muslim di segala penjuru dunia untuk beribadah kepada Penciptanya.

Jarak Indonesia Ke Mekah

Dari Kota Mekah jika ditarik sejauh lebih kurang 600 km maka Anda akan menjumpai Kota populer lainnya, yaitu Madinah. Sementara itu jika diukur jarak dari Indonesia, kurang lebih kurang lebih sejauh 7.925 KM. Untuk dapat sampai ke kota ini, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan pesawat dengan penerbangan kurang lebih selama 17.15 jam, atau bahkan sampai 24 jam dengan 2 kali transit.

Waktu Di Mekah Sekarang

Terkait dengan perbedaan waktu antara Indonesia dengan Mekah, ternyata keduanya memiliki perbedaan waktu yang cukup berbeda. Seperti kita ketahui  Indonesia memiliki 3 pembagian zona waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WIT (Waktu Indonesia Timur), dan WITA (Waktu Indonesia Tengah). Sementara Mekah hanya memiliki satu zona waktu yang mengikuti zona waktu Arab Saudi.

Kemudian jika dilihat dalam ukuran jam, maka selisih waktu Indonesia dengan Mekah berkisar 4 jam saja dengan di Mekah lebih lambat. Mislakan waktu di Indonesia sedang pukul 12:00 siang, maka waktu disana pukul 08:00 pagi.

Berikut untuk mengetahuinya :

  • Waktu Mekah (Arab Saudi) berada di GMT+3
  • Waktu Indonesia (Jakarta)berada di GMT+7

Waktu Indonesia bagian barat (WIB) GMT+7 selisih : 4 jam
Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) GMT+8 selisih : 5 jam
Waktu Indonesai bagian Timur (WIT) GMT+9 selisih : 6 jam

Selisih waktu Indonesia dengan Mekah yang cukup besar ini harus disikapi dengan benar. Jangan sampai Anda keliru dalam memahami perbedaan tersebut. Misalnya ketika Anda bermaksud menghubungi sanak saudara di pagi hari, Anda justru tidak mendapatkan jawaban. Sebab bisa saja saat itu di Mekah masih berkisar antara pukul 03.00 – 05.00 dini hari.

Sehingga tentu saja mereka masih dalam keadaan terlelap. Begitu pula sebaliknya ketika Anda berkeinginan menghubungi kerabat yang ada di Indonesia dari Mekah. Memahami selisih waktu juga sangat penting untuk menunjang aktivitas Anda selama berada di Kota tersebut. Seperti menentukan waktu makan, istirahat, maupun waktu untuk beribadah.

perbedaan waktu indonesia dengan madinah, waktu arab saudi dan indonesia, jam mekkah saat ini, jam arab saat ini, jam berapa sekarang di madinah, jam berapa sekarang di jeddah, selisih waktu indonesia dengan turki, lama perjalanan jakarta arab saudi, waktu arab saudi sekarang, perbedaan waktu indonesia dengan mekah, waktu madinah, waktu duluan arab atau indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *