√ Mengenal Arti Perbedaan Internet Dan Intranet

Perkembangan teknologi seiring dengan jalannya zaman dari tiap generasi memang menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Sejarah dari orang-orang yang telah mengembangkan sebuah teknologi yang tanpa kita sadari sudah menjadi bagian terpenting dari diri kita. Informasi yang mudah di dapat, menjadi bukti perkembangannya. Seperti yang kita ketahui bahwa Internet adalah salah satu penyedia pertukaran data atau informasi antara satu perangkat ke perangkat yang lain.

Dengan bantuan search engine atau mesin pencari seperti contohnya saja google, membuat informasi apapun, darimanapun, akan mudah dan dengan cepat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain Internet, terdapat pula penyedia pertukaran data yang biasa disebut dengan Intranet. Dari yang kita ketahui fungsi atau kegunaan Intranet sudah cukup luas dan melimpah. Lalu, apa pengetian, contoh, dan perbedaan antara internet dan intranet yang terbilang cukup asing ditelinga masyarakat saat ini ?

Perbedaan Internet dengan Intranet

Internet atau singkatan dari ( interconnected networking ) secara istilah memiliki pengertian jaringan komunikasi sebagai sarana pertukaran data antar pengguna yang mencakup lingkup dunia menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol /Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ). Dan didalamnya terdapat sumber daya informasi. Internetworking merupakan cara menyambungkan rangkaian antar jaringan.

Intranet sendiri merupakan singkatan dari ( Internal networking ) yang memiliki pengertian jaringan yang digunakan secara internal oleh sebuah lembaga atau organisasi tertentu untuk membagi data atau informasi rahasia kepada setiap anggotanya. Untuk menggunakan jaringan intranet perlu memperhatikan protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP , dan protokol lainnya), klien dan juga server . Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya ( FTP, POP3 , atau SMTP .

Komponen pada intranet biasanya berasal dari pembentukan internet seperti aplikasi browser, komputer server, komputer client, perangkat jaringan, protokol TCP/IP, programing language/ bahasa pemprograman (html, php, mysql, c++, dll). Dengan kata lain, intranet merupakan sebuah jaringan yang mencakup lingkup yang lebih kecil dari internet dan memiliki fungsi tukar data informasi rahasia dari sebuah perusahaan.

Contoh, kelebihan, dan kekurangan

1. INTERNET

Contoh : Untuk kalangan pelajar, internet sudah sangat terkenal dan saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat seperti melakukan tugas dengan mencari informasi berupa mata pelajaran yang tersebar luas karena kemudahan internet dalam mengakses data. Selain itu, aplikasi pengembang android juga merupakan salah satu manfaat yang diberikan internet. Untuk kalangan pekerja, biasanya mereka menggunakan internet sebagai media untuk mencari informasi berupa lowongan kerja, pencarian jasa atau iklan, bahkan ada juga yang menggunakan internet sebagai ladang pekerjaan seperti toko online dan sebagainya.

Kelebihan :

• Memudahkan dalam mengakses informasi dan pertukaran data

• Bidang pendidikan ( e-learning, e-library)

• Memudahkan dalam proses komunikasi atau ajang mencari sahabat komunikasi melalui internet yang memiliki beragam jenis seperti facebook, tweeter, friendster, instagram, myspace, dll.

• Bidang ekonomi (e-commers) untuk memudahkan dalam jual beli barang seperti aplikasi OLX, Blibli, Toko pedia, Bukalapak, Traveloka, Lazada, dll.

• Bidang pemerintah ( e-goverment ) memudahkan pemerintah mengadakan layanan informasi ke masyarakat.

• Sarana hiburan atau entertainment

Kekurangan :

• Berlakunya cybercrime atau kejahatan dunia maya seperti ancaman virus, pencurian data pribadi, penipuan, carding, bahkan pembajakan ( hacking ).

2. INTRANET

Contoh : Seperti halnya yang dibutuhkan suatu perusahaan, organisasi, atau lembaga. Informasi berupa data-data pribadi dari perusahaan itu sendiri harus di sampaikan dengan tepat, cepat, dan tentunya terjaga rahasianya. Jaringan intranet biasa digunakan untuk melakukan pertukaran data antar karyawan, mengontrol data client dan server ( seperti pada warnet ), dan mengendalikan fungsi mesin atau alat yang digunakan. Dilingkungan sekolah, biasanya intranet digunakan sebagai OPAC ( online public catalogue ) untuk memaksimalkan jaringan pelayanan, sistem sirkulasi online, informasi sistem service, dll.

Kelebihan :

• Penyampaian informasi dengan cepat

• Efisiensi waktu dan biaya

• Kerjasama tim akan meningkat

Kekurangan :

• Perlu perawatan terhadap penanganan khusus ( maintence )

• Pengamanan data sangat dibutuhkan

• Dibutuhkan password untuk keamanan

• Perlunya pelatihan sebelum menggunakan intranet

Kesimpulan

Perbedaan internet dan intranet dapat diketahui dengan mencari kelebihan dan kekurangan serta contoh dari tiap-tiap penggunaannya. Internet pada dasarnya memiliki jaringan yang sangat luas bahkan mencakup hampir seluruh dunia dan memiliki informasi dan pertukaran data yang besar, internet juga menghubungkan jutaan pengguna tanpa perlu keahlian khusus untuk menggunakannya. Namun, penyebaran informasi yang cepat dan menyebar luas dapat berdampak pada kurangnya keamanan informasi pribadi di lingkungan masyarakat.

Sedangkan intranet lebih kepada penggunaan jaringan pada lingkup perusahaan atau organisasi tertentu dan bersifat tertutup ( namun tidak keseluruhan, karena pada intranet yang didukung world wide web memungkinkan intranet bersifat sangat luas mendekati internet). intranet memiliki keamanan yang sangat terjamin karena hanya pada lingkup sebuah perusahaan saja tanpa menyebarluaskan ke public. Namun, penggunaannya yang terbilang cukup rumit, memerlukan pelatihan terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan siap diterapkan.

perbedaan internet dan intranet secara singkat, persamaan internet dan intranet, contoh internet dan intranet, perbedaan internet dan intranet brainly, pengertian internet dan intranet, kegunaan internet dan intranet pengertian intranet, sejarah internet dan intranet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *